TY - THES N1 - Ro?fah,.BSW., M.A., Ph.D ID - digilib40427 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40427/ A1 - Taslima, 17200010175 Y1 - 2019/05/10/ N2 - Mayoritas sekolah di Indonesia belum seluruhnya mempunyai program bimbingan klasikal terjadwal. Jika dilihat dari aspek pertumbuhan remaja di tingkat menengah, sangat membutuhkan bimbingan dari guru bimbingan konseling dalam mengembangkan potensinya. Maka dari itu sekolah perlu mengadakan bimbingan klasikal agar seluruh siswa mendapatkan bimbingan mengenai kehidupan sosial karir, belajar dan pribadi dari guru bimbingan konseling di sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan memberikan gambaran mengenai peran guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan bimbingan klasikal di SMPN 1 Kalasan. Selain itu, juga memberikan gambaran mengenai metode dan media yang digunakan oleh guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan bimbingan klasikal di SMPN 1 Kalasan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan, yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 guru bimbingan dan konseling, 22 siswa, dan 1 orang kepala sekolah SMPN 1 Kalasan, yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa, guru BK di SMPN 1 Kalasan mempunyai jadwal khusus untuk melakukan bimbingan klasikal, kepada seluruh siswa, yang terprogram, terencana, dan berkelanjutan. Pada pelaksanaan bimbingan klasikal banyak peran yang dijalankan oleh guru bimbingan dan konseling, seperti peran guru bimbingan konseling dalam memberikan bimbingan sosial, pribadi, sosial, karir. Peran sebagai pemberi informasi, sebagai agen pencegah, sebagai pemberi motivasi, sebagai agen orientasi, sebagai pelestarian budaya lokal, penanaman toleransi, dan peran guru BK dalam bekerjasama dengan pihak perpustakaan. Kemudian dalam pelaksanaan bimbingan klasikal guru BK juga memakai bermacam-macam metode seperti diskusi, tanya jawab, ceramah, praktek berbicara, dan media yang digunakan seperti LCD Proyektor dengan power point, video motivasi, buku bimbingan, komik bimbingan dan modul pelaksanaan layanan bimbingan klasikal. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Peran Guru BK KW - Bimbingan Klasikal. M1 - masters TI - PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN KLASIKAL DI SMPN 1 KALASAN (STUDI KASUS) AV - restricted EP - 148 ER -