TY - THES N1 - Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd. ID - digilib40447 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40447/ A1 - Nihayah, 17200010166 Y1 - 2019/05/08/ N2 - Empati merupakan kunci untuk memahami perasaan orang lain sehingga anak mampu menunjukkan sikap peduli dan mau menolong temannya yang sedang mengalami kesulitan serta menunjukkan sikap toleransinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik storytelling berbantuan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan berempati siswa. Metode penentuan subyek didasarkan pada hasil observasi awal dan hasil pree test yang dilakukan sebelum melakukan penelitian. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.B yang berjumlah 10 orang. Metode penelitian menggunakan Mixed Method desain Squential eksplanatory. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikan 5% (0,05) dengan N = 10 maka diperoleh hasil penelitian yaitu nilai t-hitung lebih besar dari nilai ttabel (t-hitung 11,54 > t-tabel 2,262), maka dapat disimpulkan bahwa: layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik storytelling berbantuan media audio visual efektif untuk meningkatkan kemampuan berempati siswa. Hal ini dikuatkan juga dari data hasil kualitatif awal yang menunjukkan bahwa siswa/siswi kurang peduli terhadap orang lain kemudian setelah diberikan treatment siswa/siswi mengalami peningkatan kepedulian untuk membantu orang lain. PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Bimbingan Kelompok KW - Teknik Storytelling KW - Media Audio Visual KW - Empati. M1 - masters TI - EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK STORYTELLING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA SMP NEGERI 1 KALASAN YOGYAKARTA AV - restricted EP - 187 ER -