eprintid: 40535 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12452 dir: disk0/00/04/05/35 datestamp: 2020-08-21 04:57:23 lastmod: 2020-08-21 04:57:50 status_changed: 2020-08-21 04:57:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Eka Fitrianawati, : 15420022 title: PENGARUH METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP MAHĀRAH AL-QIRĀ'AH SISWA KELAS VII MTs NEGERI 4 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019 ispublished: pub divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Kata kunci : pengaruh, metode, think pair share, mahārah al-qirā'ah note: Drs. Dudung Hamdun, M.Si s abstract: Eka Fitrianawati, 15420022, “ Pengaruh Metode Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Mahārah Al-Qirā'ah Siswa Kelas VII MTs Negeri 4 Bantul Tahun Ajaran 2018/2019”, Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2019. Latar belakang penelitian ini adalah karena kurangnya kemampuan membaca teks bahasa Arab siswa kelas VII MTs Negeri 4 Bantul, khususnya kelas VII C dan VII D. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran think pair share terhadap mahārah al-qirā'ah dalam pembelajaran Bahasa Arab antara kelas eksperimen yang menggunakan metode think pair share dan kelas control yang menggunakan metode klasik. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sample penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C dan kelas VII D MTs Negeri 4 Bantul, dengan jumlah sample sebanyak 29 siswa untuk kelas eksperimen dan 29 siswa untuk kelas control. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan di kelas eksperimen dan 4 kali pertemuan di kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji T posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol di peroleh nilai sig. ( 2 tailed) sebesar 0.01 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil maharah al-qira‟ah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan uji Paired Sample Test antara kelas eksperimen dan kelas control diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, pada taraf signifikansi < 0,05. Yang artinya terdapat pengaruh metode pembelajaran think pair share terhadap maharah al-qira‟ah siswa kelas VII MTs Negeri 4 Bantul tahun ajaran 2018/2019. Kata kunci : pengaruh, metode, think pair share, mahārah al-qirā'ah date: 2019-04-15 date_type: published pages: 130 institution: UIN Sunan Kalijaga department: ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Eka Fitrianawati, : 15420022 (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP MAHĀRAH AL-QIRĀ'AH SISWA KELAS VII MTs NEGERI 4 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40535/1/15420022%20%20BAB%20I_V_%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40535/2/15420022%2C%20BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf