<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "STRUKTUR EPISTEMOLOGI TAFSIR SURAT TUJUH\r\nKARYA MUHAMMAD BASIUNI IMRAN, SAMBAS,\r\nKALIMANTAN BARAT"^^ . "Tafsir Indonesia yang lahir di abad ke-20 M, umumnya menampilkan sisi\r\nkemodernannya, baik dari segi aksara, bahasa dan tipologi penafsirannya. Berbeda\r\ndengan tafsir Surat Tujuh karya M. Basiuni Imran, tafsir ini lahir di abad 20 M,\r\nnamun masih menggunakan aksara dan bahasa tafsir Indonesia klasik, yaitu\r\nmenggunakan aksara Jawi, bahasa Melayu, serta dengan tipologi tafsir yang masih\r\nsederhana. Di sisi lain, tafsir yang ditulis oleh mufassir Indonesia, idealnya\r\nmenapilkan ciri khas lokalitas masyarakat Indonesia dalam suguhan konten\r\npenafsirannya. Namun tidak pada tafsir Surat Tujuh, tafsir ini cenderung\r\nmengusung konsep tafsir Timur Tengah, yaitu hanya berkutat pada wilayah teks\r\ndan kurang mengkorelasikan pada wilayah konteks. Oleh kerena itu, maka penting\r\nmengeksplorasi tafsir ini lebih jauh, bukan hanya dari segi kemunculan tafsir, tetapi\r\njuga dari segi arkeo-genealogi intelektual muafassir, sampai pada aspek\r\nepistemologi tafsir.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library reseacrh) dengan\r\nobjek penelitian tafsir Surat Tujuh karya M. Basiuni Imran. Metode yang\r\ndigunakan adalah deduktif analisis serta dengan pendekatan historis-filosofis. Teori\r\nyang digunakan adalah teori genealogi Michel Foulcault dan teori epistemologi.\r\nHasil penilitian ini adalah : Pertama, tafsir ini lahir di abad 20 M, tetapi\r\nmengusung tipologi tafsir klasik dari segi aksara, bahasa dan tipologi penafsirannya\r\nadalah dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu : 1) Setting geografis mufassir, 2) Relasi\r\ndan dominasi bahasa berkembang, dan 3) Konteks islamisasi wilayah. Kedua,\r\nsecara umum, genealogi pemikiran M. Basiuni Imran dalam tafsir Surat Tujuh\r\nmasih cenderung menginduk kepada pemikiran M. Rasyid Ridha, karena beliau\r\nsangat responsif dan apresiatif terhadap pemikiran M. Rasyid Ridha dan literaturliteratur dari Timur Tengah. Ketiga, struktur epistemologi tafsir Surat Tujuh adalah\r\n: 1) Sumber penafsiran : al-Qur`an, hadis dan pendapat ulama ; 2) Metodologi dan\r\nprinsip-prinsip penafsiran : a) Prinsip konektivitas teks dan makna teks b) Prinsip\r\neksplorasi makna berbasis leksikal-linguistik, c) Menggunakan metode tafsir\r\nijmaliy (global), d) Pendekatan tafsir tekstual ; sebagai pijakan tafsir dan alternatif\r\nmetodologi, serta e) Didominasi dan bertendensi kepada ide teologis yang berbasis\r\npada purifikasi aqidah ; 3) Validitas penafsiran : a) Teori koherensi, tafsir ini cukup\r\nkonsisten dalam membangun argumentasi logis-filosofisnya yaitu senantiasa\r\nmenvisualisasikan konsep ar-ruju’ ila al-Qur`an dalam setiap surat yang\r\nditafsirkan, dan b) Teori pragmatis, tafsir ini cukup bermanfaat bagi masyarakat\r\nSambas, baik secara teoritis maupun praktis. Secara teoritis tafsir diajarkan di\r\nbeberapa tempat di wilayah Sambas, seperti di Masjid Jami' Sambas, di sekolah\r\nKuliyyatul Mubalighin dan sejumlah tempat lainnya. Sedangkan secara praktis,\r\ndengan ide utama yang ditawarkan yaitu „ar-ruju’ ila al-Qur`an’, maka tafsir ini\r\ncukup solutif dalam merespon problem realitas saat itu, yaitu untuk menguatkan,\r\nmenjaga dan menfilterisasi aqidah umat Islam dari kepercayaan lokal yang masih\r\nberkembang, seperti tahayul, khurafat, bid’ah dan sejenisnya."^^ . "2019-04-01" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "NIM : 17205010012"^^ . "Wendi Parwanto"^^ . "NIM : 17205010012 Wendi Parwanto"^^ . . . . . . "STRUKTUR EPISTEMOLOGI TAFSIR SURAT TUJUH\r\nKARYA MUHAMMAD BASIUNI IMRAN, SAMBAS,\r\nKALIMANTAN BARAT (Text)"^^ . . . . . "17205010012_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "STRUKTUR EPISTEMOLOGI TAFSIR SURAT TUJUH\r\nKARYA MUHAMMAD BASIUNI IMRAN, SAMBAS,\r\nKALIMANTAN BARAT (Text)"^^ . . . . . "STRUKTUR EPISTEMOLOGI TAFSIR SURAT TUJUH\r\nKARYA MUHAMMAD BASIUNI IMRAN, SAMBAS,\r\nKALIMANTAN BARAT (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STRUKTUR EPISTEMOLOGI TAFSIR SURAT TUJUH\r\nKARYA MUHAMMAD BASIUNI IMRAN, SAMBAS,\r\nKALIMANTAN BARAT (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STRUKTUR EPISTEMOLOGI TAFSIR SURAT TUJUH\r\nKARYA MUHAMMAD BASIUNI IMRAN, SAMBAS,\r\nKALIMANTAN BARAT (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STRUKTUR EPISTEMOLOGI TAFSIR SURAT TUJUH\r\nKARYA MUHAMMAD BASIUNI IMRAN, SAMBAS,\r\nKALIMANTAN BARAT (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "STRUKTUR EPISTEMOLOGI TAFSIR SURAT TUJUH\r\nKARYA MUHAMMAD BASIUNI IMRAN, SAMBAS,\r\nKALIMANTAN BARAT (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "STRUKTUR EPISTEMOLOGI TAFSIR SURAT TUJUH\r\nKARYA MUHAMMAD BASIUNI IMRAN, SAMBAS,\r\nKALIMANTAN BARAT (Other)"^^ . . . . . . "STRUKTUR EPISTEMOLOGI TAFSIR SURAT TUJUH\r\nKARYA MUHAMMAD BASIUNI IMRAN, SAMBAS,\r\nKALIMANTAN BARAT (Other)"^^ . . . . . . "STRUKTUR EPISTEMOLOGI TAFSIR SURAT TUJUH\r\nKARYA MUHAMMAD BASIUNI IMRAN, SAMBAS,\r\nKALIMANTAN BARAT (Other)"^^ . . . . . . "STRUKTUR EPISTEMOLOGI TAFSIR SURAT TUJUH\r\nKARYA MUHAMMAD BASIUNI IMRAN, SAMBAS,\r\nKALIMANTAN BARAT (Other)"^^ . . . . . . "STRUKTUR EPISTEMOLOGI TAFSIR SURAT TUJUH\r\nKARYA MUHAMMAD BASIUNI IMRAN, SAMBAS,\r\nKALIMANTAN BARAT (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #40583 \n\nSTRUKTUR EPISTEMOLOGI TAFSIR SURAT TUJUH \nKARYA MUHAMMAD BASIUNI IMRAN, SAMBAS, \nKALIMANTAN BARAT\n\n" . "text/html" . . . "Qur'an Hadis" . .