%0 Thesis %9 Masters %A Ika Fadilah Ratna Sari, NIM: 17204080042 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga %D 2019 %F digilib:40632 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi, Pelaksanaan Pembelajaran Tematik %P 528 %T PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENUMBUHKAN HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS) DI KELAS 5 SANGGAR ANAK ALAM NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40632/ %X Ika Fadilah Ratna Sari. Pembelajaran Tematik Dalam Menumbuhkan HOTS (High Order Thinking Skills) di Kelas 5 Sanggar Anak Alam Nitiprayan Kasihan Bantul. Tesis Program Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. HOTS pada siswa mempunyai peran yang sangat penting dalam sebuah pembelajaran. Banyak ditemukan masalah di sekolah yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang kaku mengakibatkan kurang maksimalnya prestasi belajar siswa. Sanggar Anak Alam Nitiprayan Kasihan Bantul merupakan salah satu lembaga luar sekolah yang mengembangkan HOTS dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu tujuan dilaksanakannya pembelajaran tematik di Sanggar Anak Alam Nitiprayan Kasihan Bantuk adalah untuk mengembangkan HOTS (High Order Thinking Skills) pada sebuah peristiwa alam di kehidupan sehari-hari. HOTS (High Order Thinking Skills) di Sanggar Anak Alam Nitiprayan Kasihan Bantul dikembangkan agar lulusan dari sanggar mampu bersaing dan dapat menciptakan lapangan kerja di kehidupan bermasyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik dalam menumbuhkan HOTS (High Order Thinking Skills) dan dampak pelaksanaan pembelajaran tematik dalam menumbuhkan HOTS (High Order Thinking Skills) bagi siswa kelas 5 Sanggar Anak Alam Nitiprayan Kasihan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah pendiri, ketua PKBM, fasilitator dan siswa kelas 5 Sanggar Anak Alam Nitiprayan Kasihan Bantul. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. HOTS adalah tahapan kognitif meliputi menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Diharapkan tahapan HOTS tersebut dapat menumbuhkan kemampuan menalar, berfikir kritis, memecahkan masalah, berargumentasi, metakognisi serta transfer pengetahuan dan keterampilan. Pembelajaran tematik adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran dengan proses pembelajaran yang bermakna disesuaikan dengan perkembangan siswa sehingga memberikan pengalaman belajar langsung bagi siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pertama, pelaksanaan pembelajaran tematik dalam menumbuhkan HOTS (High Order Thinking Skills) di kelas 5 Sanggar Anak Alam Nitiprayan Kasihan Bantul dilaksanakan dengan melalui tiga tahap yaitu: tahap pendahuluan berbasis HOTS, tahap inti berbasis HOTS, dan tahap penutup berbasis HOTS. Kedua, dampak pelaksanaan pembelajaran tematik dalam menumbuhkan HOTS (High Order Thinking Skills) pada siswa kelas 5 Sanggar Anak Alam Nitiprayan Kasihan Bantul yaitu: kemampuan pemecahan masalah, kemampuan kreativitas, kemampuan berfikir kritis, kemampuan kolaborasi, kemampuan komunikasi, keterampilan menggunakan informasi, media dan teknologi, pembentukan karakter, dan nilainilai spiritual. %Z Dr.Prastowo, M. Pd.I