<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "REAKTUALISASI PENDIDIKAN TAHFIZ\r\nDI SEKOLAH DASAR ISLAM\r\n(Sebuah Perspektif Learning Styles dalam Kegiatan\r\nTahfiz Al Qur’an pada Anak Madrasah Ibtidaiyah\r\ndi Yogyakarta)"^^ . "Ahmad Shofiyuddin Ichsan, Reaktualisasi Pendidikan\r\nTahfiz di Sekolah Dasar Islam (Sebuah Perspektif Learning\r\nStyles dalam Kegiatan Tahfiz Al Qur’an pada Anak\r\nMadrasah Ibtidaiyah di Yogyakarta), Tesis, Program\r\nMegister Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga\r\nYogyakarta, 2019.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar\r\n(learning styles) peserta didik yang menghafal Al Qur‟an\r\npada Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Yogyakarta. Penelitian ini\r\nmerupakan penelitian lapangan dengan memakai pendekatan\r\nteori Learning Styles. Pengumpulan data yang dipakai adalah\r\npenelitian kualitatif dengan metode studi kasus di dua\r\nsekolah, yakni MIN 1 Bantul dan MI YAPPI Gubukrubuh\r\nPlayen Gunungkidul. Adapun teknik pengumpulan data\r\nmeliputi data primer dan data sekunder. Data primer meliputi\r\nobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data\r\nsekunder meliputi pengumpulan buku, artikel, jurnal, file-file\r\ndokumentasi, tesis, disertasi, dan bahan-bahan kepustakaan\r\nlainnya.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa sejak adanya\r\ndeklarasi Program Madrasah Tahfiz oleh Menteri Agama RI\r\ndi Yogyakarta pada tanggal 30 Maret 2014 dan dipertegas\r\nadanya program Rintisan Madrasah Unggul (RMU) tahun\r\n2012, pendidikan tahfiz Al Qur‟an di Madrasah Ibtidaiyah\r\nsemakin meningkat dan antusias masyarakat juga semakin\r\nmeluas. Oleh karenanya, diperlukan pengembangan dalam\r\nproses pembelajaran tahfiz melalui gaya belajar (learning\r\nstyles) masing-masing peserta didik. Learning styles bisa\r\nditerapkan dalam program tahfiz Al Qur‟an dengan\r\nmempertimbangkan: 1). Gaya Visual, 2). Gaya Aural, 3).\r\nGaya Verbal, 4). Gaya Kinestetik, 5). Gaya Logikal, 6).\r\nGaya Sosial, dan 7). Gaya Solitori. Tetapi dari hasil yang\r\ndidapatkan, terdapat empat gaya belajar yang dipakai peserta\r\ndidik, yakni: 1). Gaya Visual Penghafal Al Qur‟an, 2). Gaya\r\nAural Penghafal Al Qur‟an, 3). Gaya Kinestetik Penghafal \r\nxxii\r\nAl Qur‟an, dan 4). Gaya Sosial Penghafal Al Qur‟an.\r\nAdapun efektivitas learning styles dalam tahfiz Al Qur‟an\r\nharus dipahami sebagai bagian dari solusi dalam\r\nmereaktualisasi pendidikan Islam yang lebih baik ke depan.\r\nEfektivitas tersebut dapat tercapai dengan baik jika gaya\r\nbelajar dari masing-masing peserta didik disesuaikan dengan\r\nkarakteristik pembelajaran itu sendiri. Sedangkan harapan\r\ndari adanya pendidikan tahfiz di Madrasah Ibtidaiyah dapat\r\ndilihat dari lima segi, yakni: 1). Harapan teologis, 2).\r\nHarapan sosiologis, 3). Harapan Akademis, 4). Harapan\r\nFisiologis, dan 5). Harapan ekonomis. Begitu pula, tantangan\r\nselama penyelenggaraan pendidikan tahfiz di Madrasah\r\nIbtidaiyah dapat dianalisa dari empat dimensi, yakni: 1).\r\nTantangan internal akademis, 2). Tantangan kesadaran\r\nteologis, 3). Tantangan masyarakat sosialis, dan 4).\r\nTantangan internasional globalis."^^ . "2019-06-21" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "NIM. 17204081005"^^ . "Ahmad Shofiyuddin Ichsan"^^ . "NIM. 17204081005 Ahmad Shofiyuddin Ichsan"^^ . . . . . . "REAKTUALISASI PENDIDIKAN TAHFIZ\r\nDI SEKOLAH DASAR ISLAM\r\n(Sebuah Perspektif Learning Styles dalam Kegiatan\r\nTahfiz Al Qur’an pada Anak Madrasah Ibtidaiyah\r\ndi Yogyakarta) (Text)"^^ . . . . . "17204081005_BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA .pdf"^^ . . . "REAKTUALISASI PENDIDIKAN TAHFIZ\r\nDI SEKOLAH DASAR ISLAM\r\n(Sebuah Perspektif Learning Styles dalam Kegiatan\r\nTahfiz Al Qur’an pada Anak Madrasah Ibtidaiyah\r\ndi Yogyakarta) (Text)"^^ . . . . . "REAKTUALISASI PENDIDIKAN TAHFIZ\r\nDI SEKOLAH DASAR ISLAM\r\n(Sebuah Perspektif Learning Styles dalam Kegiatan\r\nTahfiz Al Qur’an pada Anak Madrasah Ibtidaiyah\r\ndi Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "REAKTUALISASI PENDIDIKAN TAHFIZ\r\nDI SEKOLAH DASAR ISLAM\r\n(Sebuah Perspektif Learning Styles dalam Kegiatan\r\nTahfiz Al Qur’an pada Anak Madrasah Ibtidaiyah\r\ndi Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "REAKTUALISASI PENDIDIKAN TAHFIZ\r\nDI SEKOLAH DASAR ISLAM\r\n(Sebuah Perspektif Learning Styles dalam Kegiatan\r\nTahfiz Al Qur’an pada Anak Madrasah Ibtidaiyah\r\ndi Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "REAKTUALISASI PENDIDIKAN TAHFIZ\r\nDI SEKOLAH DASAR ISLAM\r\n(Sebuah Perspektif Learning Styles dalam Kegiatan\r\nTahfiz Al Qur’an pada Anak Madrasah Ibtidaiyah\r\ndi Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "REAKTUALISASI PENDIDIKAN TAHFIZ\r\nDI SEKOLAH DASAR ISLAM\r\n(Sebuah Perspektif Learning Styles dalam Kegiatan\r\nTahfiz Al Qur’an pada Anak Madrasah Ibtidaiyah\r\ndi Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "REAKTUALISASI PENDIDIKAN TAHFIZ\r\nDI SEKOLAH DASAR ISLAM\r\n(Sebuah Perspektif Learning Styles dalam Kegiatan\r\nTahfiz Al Qur’an pada Anak Madrasah Ibtidaiyah\r\ndi Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "REAKTUALISASI PENDIDIKAN TAHFIZ\r\nDI SEKOLAH DASAR ISLAM\r\n(Sebuah Perspektif Learning Styles dalam Kegiatan\r\nTahfiz Al Qur’an pada Anak Madrasah Ibtidaiyah\r\ndi Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "REAKTUALISASI PENDIDIKAN TAHFIZ\r\nDI SEKOLAH DASAR ISLAM\r\n(Sebuah Perspektif Learning Styles dalam Kegiatan\r\nTahfiz Al Qur’an pada Anak Madrasah Ibtidaiyah\r\ndi Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #40635 \n\nREAKTUALISASI PENDIDIKAN TAHFIZ \nDI SEKOLAH DASAR ISLAM \n(Sebuah Perspektif Learning Styles dalam Kegiatan \nTahfiz Al Qur’an pada Anak Madrasah Ibtidaiyah \ndi Yogyakarta)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .