eprintid: 40650 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12452 dir: disk0/00/04/06/50 datestamp: 2020-08-28 02:45:52 lastmod: 2020-08-28 02:46:08 status_changed: 2020-08-28 02:46:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NUZUL FAJAR PAMUNGKAS, 12600002 title: EFEKTIVITAS METODE SIX THINKING HATS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN DAN DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA ispublished: pub divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci : Six Thinking Hats, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Disposisi Berpikir Kritis Matematis. note: Dr. Ibrahim, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode six thinking hats dalam pembelajaran matematika terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa daripada metode konvensional. Tujuan lain dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan metode six thinking hats dalam pembelajaran matematika terhadap peningkatan disposisi berpikir kritis matematis siswa daripada metode konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu metode six thinking hats dan variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan disposisi berpikir kritis matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Nurul Ummah Yogyakarta dengan sampel penelitian kelas X MIA 1 dan X MIA 2. Kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran dengan metode six thinking hats. Instrumen dalam penelitian ini berupa pretest-posttest kemampuan berpikir kritis matematis, prescale-postscale disposisi berpikir kritis matematis, RPP kelas ekserimen yang dilengkapi Hypotetical Learning Trajectory (HLT), RPP kelas kontrol, dan Lembar Kerja Siswa (LKS) kelas eksperimen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.0 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode six thinking hats lebih efektif daripada metode konvensional dalam pembelajaran matematika terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa metode six thinking hats lebih efektif daripada metode konvensional dalam pembelajaran matematika terhadap peningkatan disposisi berpikir kritis matematis siswa. Kata Kunci : Six Thinking Hats, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Disposisi Berpikir Kritis Matematis. date: 2019-06-18 date_type: published pages: 238 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NUZUL FAJAR PAMUNGKAS, 12600002 (2019) EFEKTIVITAS METODE SIX THINKING HATS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN DAN DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40650/1/12600002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40650/2/12600002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf