relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40672/ title: EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSQ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA creator: Fatimah Nur Itsnaini, 15600010 description: Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan pendekatan penemuan terbimbing dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini juga untuk mengetahui keefektifan pendekatan penemuan terbimbing dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pendekatan penemuan terbimbing dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) serta variabel terikat yaitu kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 7 Bantul, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas VIII B dan VIII C. Kelas VIII B dijadikan sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan treatment berupa pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq). Instrumen dalam penelitian ini adalah pretest-posttest kemampuan pemahaman konsep matematis, prescale-postscale kemandirian belajar, RPP, dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t untuk kemampuan pemahaman konsep matematis dan uji kemandirian belajar. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 23 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan penemuan terbimbing dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pendekatan penemuan terbimbing dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemandirian belajar siswa. Kata Kunci: Pendekatan penemuan terbimbing dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemandirian Belajar. date: 2019-06-18 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40672/1/15600010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40672/2/15600010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Fatimah Nur Itsnaini, 15600010 (2019) EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSQ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.