<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PENEMUAN\r\nTERBIMBING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSQ)\r\nTERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP\r\nMATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA"^^ . "Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan pendekatan penemuan\r\nterbimbing dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq)\r\ndibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan\r\npemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini juga untuk mengetahui\r\nkeefektifan pendekatan penemuan terbimbing dengan model pembelajaran\r\nkooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) dibandingkan dengan model\r\npembelajaran konvensional terhadap kemandirian belajar siswa.\r\nJenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non\r\nequivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas\r\nyaitu pendekatan penemuan terbimbing dengan model pembelajaran kooperatif\r\ntipe Think Pair Square (TPSq) serta variabel terikat yaitu kemampuan\r\npemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa. Populasi penelitian\r\nini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 7 Bantul, sedangkan sampel penelitiannya\r\nadalah kelas VIII B dan VIII C. Kelas VIII B dijadikan sebagai kelas eksperimen\r\nyang mendapatkan treatment berupa pembelajaran dengan pendekatan penemuan\r\nterbimbing dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq).\r\nInstrumen dalam penelitian ini adalah pretest-posttest kemampuan pemahaman\r\nkonsep matematis, prescale-postscale kemandirian belajar, RPP, dan Lembar\r\nKerja Peserta Didik (LKPD). Teknik analisis data dalam penelitian ini\r\nmenggunakan uji-t untuk kemampuan pemahaman konsep matematis dan uji\r\nkemandirian belajar. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 23\r\ndan Microsoft Excel.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan penemuan terbimbing\r\ndengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) lebih\r\nefektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan\r\npemahaman konsep matematis siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa\r\npendekatan penemuan terbimbing dengan model pembelajaran kooperatif tipe\r\nThink Pair Square (TPSq) lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran\r\nkonvensional terhadap kemandirian belajar siswa.\r\nKata Kunci: Pendekatan penemuan terbimbing dengan model pembelajaran\r\nkooperatif tipe Think Pair Square (TPSq), Kemampuan Pemahaman Konsep\r\nMatematis, Kemandirian Belajar."^^ . "2019-06-18" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "15600010"^^ . "Fatimah Nur Itsnaini"^^ . "15600010 Fatimah Nur Itsnaini"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PENEMUAN\r\nTERBIMBING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSQ)\r\nTERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP\r\nMATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Text)"^^ . . . . . "15600010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PENEMUAN\r\nTERBIMBING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSQ)\r\nTERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP\r\nMATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Text)"^^ . . . . . "EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PENEMUAN\r\nTERBIMBING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSQ)\r\nTERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP\r\nMATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PENEMUAN\r\nTERBIMBING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSQ)\r\nTERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP\r\nMATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PENEMUAN\r\nTERBIMBING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSQ)\r\nTERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP\r\nMATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PENEMUAN\r\nTERBIMBING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSQ)\r\nTERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP\r\nMATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PENEMUAN\r\nTERBIMBING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSQ)\r\nTERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP\r\nMATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PENEMUAN\r\nTERBIMBING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSQ)\r\nTERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP\r\nMATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PENEMUAN\r\nTERBIMBING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSQ)\r\nTERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP\r\nMATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PENEMUAN\r\nTERBIMBING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSQ)\r\nTERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP\r\nMATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #40672 \n\nEFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PENEMUAN \nTERBIMBING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN \nKOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSQ) \nTERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP \nMATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA\n\n" . "text/html" . .