<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "UPAYA PENERAPAN METODE MUBĀSYARAH PADA\r\nMUḤĀDAṠAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nSISWA KELAS VIII PROGRAM KHUSUS (Studi Komparasi\r\nSMP Muhammadiyah 5 Surakarta Dan MTs Negeri 3 Sukoharjo)"^^ . "Latar belakang penelitian ini adalah karena adanya beberapa\r\nproblematika yang dihadapi di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta, yaitu : (1)\r\nKurang minatnya siswa belajar bahasaArab; (2) kurang seriusnya siswa dalam\r\nbelajar bahasa Arab; (3) masih sulit membiasakan siswa untuk menerapkan\r\nkosa kata untuk ber-muhadāṡah; (4) lingkungan berbahasa yang kurang\r\nmendukung. Problematika di MTs Negeri 3 Sukoharjo yaitu (1) kompetensi\r\nakademik siswa yang pas-pasan; (2) kemampuan membaca teks bahasa Arab\r\nyang masih lemah; (3) kurangnya keberanian siswa untuk ber-muhadāṡ ah;\r\n(4) lingkungan berbahasa yang kurang mendukung.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan\r\nmetode kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi,\r\ndokumentasi dan wawancara. Analisis data yang dipakai yaitu analisis\r\ndeskriptif yang memfokuskan pada Problematika Penerapan Metode\r\nMubāsyarah Pada Muḥādaṡah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di SMP\r\nMuhammadiyah 5 Surakarta dan MTs Negeri 3 Sukoharjo).\r\nHasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bahwasannya langkahlangkah yang dilakukan oleh dua guru pada kedua sekolah tersebut sesuai\r\ndengan langkah-langkah yang berdasarkan pada teori yang ada dalam buku\r\nyang peneliti jadikan parameter dalam dasar landasan penerapan metode\r\nMubāsyarah. 2) saat proses pembelejaran dikelas, realitanya hanya guru yang\r\naktif dalam melafadzkan kosa kata yang diberikan, sedangkan siswa hanya\r\nmenirukan saja; guru masih menggunakan bahasa Indonesia ataupun bahasa\r\nIbu; siswa masih belum mengimplementasikan muḥādaṡah dalam\r\nkesehariannya; saat pembelajaran berlangsung, siswa masih terlihat pasif; 3)\r\nperlunya penekanan dalam muḥādaṡah pada keseharian peserta didik,\r\nkemudian pengadaan lingkungan berbahasa, perbedaan waktu atau peletakan\r\njam pelajaran, dan kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung untuk\r\nmengembangkan kompetensi peserta didik khususnya pada kebahasaan. 4)\r\nGuru agar berinsiatif, kreatif dan inovatif untuk membuat modul pembelajaran\r\nuntuk peserta didiknya, guru dapat menciptakan lingkungan berbahasa\r\ndimanapun dengan cara menggilir tempat untuk dijadikan lingkungan\r\nberbahasaa, guru agar lebih dapat meghidupkan suasana kelas agar peserta\r\ndidik tetap semangat mengikuti pelajaran bahasa Arab khususnya pada pihak \r\nxvi\r\nguru dan sekolah bekerjasama untuk meningkatkan dan melengkapi sarana\r\ndan prasarana yang ada agar dapat meningkatkan akademik peserta didiknya\r\ndan juga kualitas pendidikan pada kedua sekolah masing-masing"^^ . "2019-03-21" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Magister Pendidikan Islam PBA, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "1620411036"^^ . "Risky Ulung Marsella"^^ . "1620411036 Risky Ulung Marsella"^^ . . . . . . "UPAYA PENERAPAN METODE MUBĀSYARAH PADA\r\nMUḤĀDAṠAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nSISWA KELAS VIII PROGRAM KHUSUS (Studi Komparasi\r\nSMP Muhammadiyah 5 Surakarta Dan MTs Negeri 3 Sukoharjo) (Text)"^^ . . . . . "1620411036_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA..pdf"^^ . . . "UPAYA PENERAPAN METODE MUBĀSYARAH PADA\r\nMUḤĀDAṠAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nSISWA KELAS VIII PROGRAM KHUSUS (Studi Komparasi\r\nSMP Muhammadiyah 5 Surakarta Dan MTs Negeri 3 Sukoharjo) (Text)"^^ . . . . . "UPAYA PENERAPAN METODE MUBĀSYARAH PADA\r\nMUḤĀDAṠAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nSISWA KELAS VIII PROGRAM KHUSUS (Studi Komparasi\r\nSMP Muhammadiyah 5 Surakarta Dan MTs Negeri 3 Sukoharjo) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "UPAYA PENERAPAN METODE MUBĀSYARAH PADA\r\nMUḤĀDAṠAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nSISWA KELAS VIII PROGRAM KHUSUS (Studi Komparasi\r\nSMP Muhammadiyah 5 Surakarta Dan MTs Negeri 3 Sukoharjo) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "UPAYA PENERAPAN METODE MUBĀSYARAH PADA\r\nMUḤĀDAṠAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nSISWA KELAS VIII PROGRAM KHUSUS (Studi Komparasi\r\nSMP Muhammadiyah 5 Surakarta Dan MTs Negeri 3 Sukoharjo) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "UPAYA PENERAPAN METODE MUBĀSYARAH PADA\r\nMUḤĀDAṠAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nSISWA KELAS VIII PROGRAM KHUSUS (Studi Komparasi\r\nSMP Muhammadiyah 5 Surakarta Dan MTs Negeri 3 Sukoharjo) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "UPAYA PENERAPAN METODE MUBĀSYARAH PADA\r\nMUḤĀDAṠAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nSISWA KELAS VIII PROGRAM KHUSUS (Studi Komparasi\r\nSMP Muhammadiyah 5 Surakarta Dan MTs Negeri 3 Sukoharjo) (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA PENERAPAN METODE MUBĀSYARAH PADA\r\nMUḤĀDAṠAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nSISWA KELAS VIII PROGRAM KHUSUS (Studi Komparasi\r\nSMP Muhammadiyah 5 Surakarta Dan MTs Negeri 3 Sukoharjo) (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA PENERAPAN METODE MUBĀSYARAH PADA\r\nMUḤĀDAṠAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nSISWA KELAS VIII PROGRAM KHUSUS (Studi Komparasi\r\nSMP Muhammadiyah 5 Surakarta Dan MTs Negeri 3 Sukoharjo) (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA PENERAPAN METODE MUBĀSYARAH PADA\r\nMUḤĀDAṠAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nSISWA KELAS VIII PROGRAM KHUSUS (Studi Komparasi\r\nSMP Muhammadiyah 5 Surakarta Dan MTs Negeri 3 Sukoharjo) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #40680 \n\nUPAYA PENERAPAN METODE MUBĀSYARAH PADA \nMUḤĀDAṠAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB \nSISWA KELAS VIII PROGRAM KHUSUS (Studi Komparasi \nSMP Muhammadiyah 5 Surakarta Dan MTs Negeri 3 Sukoharjo)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Bahasa Arab"@id . .