@phdthesis{digilib40742, month = {September}, title = {PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN PMRI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP/MTS PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {15600016 Tika Viki Adisti}, year = {2019}, note = {Sri Utami Zuliana, S. Si., M.Sc., Ph.D.}, keywords = {Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Pemecahan Masalah}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40742/}, abstract = {Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD matematika dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) yang berkualitas unruk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII SMP/MTs pada materi prisma dan limas. Model pengembangan menggunakan model prosedural, dengan prosedur pengembangan menurut Depdiknas yang diadaptasi dari prosedur pengembangan Borg dan Gall. Langkah-langkah dalam prosedur pengembangan tersebut yaitu: (1) melakukan analisis produk yang dikembangkan; (2) mengembangkan produk awal; (3) validasi ahli dan revisi; (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk; (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Instrumen yang digunakan meliputi lembar pedoman wawancara, lembar observasi, lembar penilaian LKPD, lembar soal test, dan lembar angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD matematika dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia telah memenuhi kriteria ketercapaian yang meliputi valid, efektif, dan praktis. Valid berdasarkan penilaian ahli yang menunjukkan bahwa LKPD matematika dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia termasuk dalam kategori baik dengan persentase keidealan 79,25\%. Efektif berdasarkan hasil post-test, LKPD matematika dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dikatakan efektif karena berhasil memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi prisma dan limas. Hal ini dilihat dari 90,63\% dari banyaknya peserta didik yang mengikuti post-test mendapatkan nilai lebih besar atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada kompetensi dasar prisma dan limas. Praktis berdasarkan respon peserta didik terhadap LKPD dengan pendekatan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia diperoleh respon positif dengan persentase 78,16\%. Oleh karena itu, LKPD matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik layak digunakan dalam pembelajaran matematika kelas VIII pada materi pokok prisma dan limas.} }