%0 Thesis %9 Skripsi %A ANNISA ADLUL UMARA, 15600018 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2019 %F digilib:40744 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Kata Kunci : Metode Penemuan Terbimbing, Kemampuan Spasial Matematis, Self Confidence %P 314 %T EFEKTIVITAS METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA KELAS VIII %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40744/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan metode penemuan terbimbing lebih efektif daripada metode konvensional terhadap kemampuan spasial matematis siswa kelas VIII. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan metode penemuan terbimbing lebih efektif daripada metode konvensional terhadap self confidence siswa kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu metode penemuan terbimbing serta variabel terikat yaitu kemampuan spasial matematis dan self confidence. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Plus Gunungpring Muntilan, sedangkan sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Kelas VIII B dijadikan sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan (treatment) dengan metode penemuan terbimbing saat pembelajaran matematika. Instrumen dalam penelitian ini adalah pretest- posttest kemampuan spasial matematis, prescale-postscale self confidence, RPP, dan LKS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t dan uji Mann Whitney. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing lebih efektif daripada pembelajaran matematika dengan metode konvensional terhadap kemampuan spasial matematis siswa. Di sisi lain, hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran matematika dengan metode penemuan tebimbing tidak lebih efektif daripada pembelajaran matematika dengan metode konvensional terhadap self confidence siswa. Kata Kunci : Metode Penemuan Terbimbing, Kemampuan Spasial Matematis, Self Confidence %Z Suparni, M.Pd