TY - THES N1 - Nurul Arfinanti, M.Pd ID - digilib40749 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40749/ A1 - Efa Nur Azizah, 15600027 Y1 - 2019/09/06/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi game edukasi UHITSU (Ukur Hitung Sudut) berbasis Android yang layak untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa tunarungu serta mengetahui kualitas aplikasi yang dikembangkan berdasarkan standar pengujian kualitas perangkat lunak. Aplikasi game edukasi yang dihasilkan memuat konten materi dan game tentang sudut yang ditujukan untuk peserta didik SMP/MTs kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan PPE. Tahapan PPE meliputi tahap planning (perencanaan), production (pembuatan produk), dan evaluation (evaluasi). Kriteria ketercapaian kualitas pada aplikasi game edukasi UHITSU dilakukan dengan pengujian sehingga dinyatakan valid oleh para ahli serta dinyatakan praktis oleh peserta didik. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi game edukasi UHITSU yang dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran matematika. Melalui pengujian yang dilakukan oleh ahli materi dengan aspek penilaian meliputi cakupan materi, kebenaran materi, kemutakhiran materi, penyajian materi, serta memfasilitasi pemahaman konsep, aplikasi ini mendapat persentase 90%, oleh ahli media dengan aspek penilaian meliputi tampilan game, kualitas audio, serta penggunaan game, aplikasi ini mendapat persentase 95,71%, oleh ahli difabel dengan aspek penilaian meliputi materi, tampilan game, kualitas audio, kelayakan game, serta xix penggunaan game, aplikasi ini mendapat persentase 95,56% sehingga dikatakan sangat baik. Pengujian untuk mengetahui kepraktisan penggunaan aplikasi berdasarkan respon dari peserta didik dengan aspek penilaian meliputi materi, bahasa, penyajian bahasa isyarat, serta tampilan game mendapat persentase 94% sehingga aplikasi ini dikatakan sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi game edukasi UHITSU layak disebut sebagai aplikasi edukasi yang dapat memfasilitasi pemahaman konsep siswa tunarungu pada materi sudut. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Kata Kunci : game edukasi KW - sudut KW - pemahaman konsep KW - tunarungu M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA TUNARUNGU KELAS VII SMP/MTs MATERI SUDUT AV - restricted EP - 175 ER -