eprintid: 40751 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12452 dir: disk0/00/04/07/51 datestamp: 2020-09-01 05:28:15 lastmod: 2020-09-17 05:55:30 status_changed: 2020-09-01 05:28:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ulya Za’im Luthfya, 15600028 title: PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “BERUANG PINTAR (BELAJAR BANGUN RUANG PINTAR)” UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP ispublished: pub divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci: Game edukasi, Pemahaman Konsep note: Sri Utami Zuliana, S.Si., M.Sc. Ph.D. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi yang berkualitas sebagai media pembelajaran mandiri untuk memfasilitasi pemahaman konsep. Game edukasi ini berisikan materi Bangun Ruang Sisi Datar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan 4D. Tahapan 4D meliputi define, design, development dan disseminate. Penelitian ini tidak menyertakan disseminate karena tidak dilakukan simulasi terhadap pembelajaran. Kriteria ketercapaian kualitas adalah pada validasi dinyatakan valid oleh ahli serta pada uji coba dinyatakan praktis oleh siswa. Hasil dari penelitian ini adalah berupa game edukasi yang digunakan sebagai media pembelajaran mandiri. Game edukasi ini telah melalui validasi oleh 3 orang ahli materi dengan persentase rata-ratas 86,85% (Sangat Baik) dan oleh 3 orang ahli media dengan persentase rata-rata sebanyak 86,74% (Sangat Baik) sehingga dikatakan valid. Game edukasi ini telah melalui uji coba sebanyak dua kali yaitu kepada 4 siswa kemudian diujicobakan pada satu kelas. Respon siswa pada uji coba memperoleh persentase 81% (Setuju) sehingga dikatakan praktis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa game edukasi BERUANG PINTAR telah layak digunakan sebagai media pembelajaran mandiri untuk memfasilitasi pemahaman konsep. date: 2019-09-06 date_type: published pages: 273 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ulya Za’im Luthfya, 15600028 (2019) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “BERUANG PINTAR (BELAJAR BANGUN RUANG PINTAR)” UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40751/1/15600028_BAB%20I_V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40751/2/15600028_BAB%20II_sampai_BAB%20SEBELUM%20TERAKHIR.pdf