%0 Thesis %9 Masters %A MA’SUM BADOWI, 16204010006 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Magister Pendidikan Agama Islam %D 2019 %F digilib:40771 %I UIN Sunan Kalijaga %K Pendidikan Islam, pendidikan karakter, pendidikan damai, SMP IT Abu Bakar %P 155 %T IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM BERBUDAYA PENDIDIKAN DAMAI DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40771/ %X Latar belakang penelitian ini adalah perlunya pembudayaan atau pembiasaan kedamaian di dunia pendidikan, terutama sekolah, dengan adanya pendidikan berbudaya damai akan tercipta suasana aman damai tanpa kekerasan dan siswa sekolah akan terbiasa melakukan kegiatan yang berarah pada terciptanya perdamaian dimanapun berada baik diawasi maupun tidak. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah pendidikan berbudaya damai itu penting di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Pendidikan Islam Berbudaya Pendidikan damai di SMP IT Abu Bakar Yogyakrta dan bagaimana hasil dari implementasi Pendidikan Islam Berbudaya Pendidikan damai di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan metode wawancara kepada pihak terkait baik kepala sekolah, guru dan siswa, dan dokumentasi, untuk diperoleh hasil penelitian sesuai rumusan masalah yang dimuat dalam penelitian tesis ini, yaitu : Mengapa pendidikan berbudaya damai itu penting di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta, Bagaimana Implementasi pendidikan Islam berbudaya damai di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta? dan Bagaimanakah hasil dari implementasi pendidikan Islam berbudaya pendidikan damai di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta?. xi Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) pentingnya pendidikan Islam berbudaya Pendidikan damai di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta adalah dengan adanya pembudayaan pendidikan damaimenjadikan siswa terbiasa bersikap damai dan merasa damai berada di lingkumgan sekolah dan meminimalisir beban aktifitas yang padat di sekolah.. Penerapan pendidikan Islam berbudaya pendidikan damai dimulai dari siswa masuk sekolah secara tertib, ikut kegiatan shalat dhuha berjamaah, mengaji, kegiatan ekstrakuruler hingga kegiatan di asrama.(2) Penerapan pendidikan Islam berbudaya pendidikan damai dimulai dari siswa masuk sekolah secara tertib, ikut kegiatan shalat dhuha berjamaah, mengaji, kegiatan ekstrakuruler hingga kegiatan di asrama. (3) Hasil dari implementasi Pendidikan Islam berbudaya pendidikan damai di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta adalah dengan berkurangnya angka kekerasan atau kenakalan, pada tahun 2017 siswa kelas VII ada yang keluar atau kabur dari asrama karena tidak betah dan pada tahun 2018 tidak ada siswa yang sampai keluar arama di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta %Z Dr. Muqowim, M.Ag.