eprintid: 40775 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12192 dir: disk0/00/04/07/75 datestamp: 2020-09-02 08:10:03 lastmod: 2020-09-02 08:10:03 status_changed: 2020-09-02 08:10:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SUSMITA, 16208010002 title: PENGARUH MODERASI LITERASI KEUANGAN TERHADAP HUBUNGAN ANTARA TINGKAT DEMOGRAFI DAN MOTIVASI PADA MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Pada Bank Muamalat Indonesia dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Cabang Pangkalpinang ) ispublished: pub subjects: eko_sya divisions: ek_syarS-2 full_text_status: restricted keywords: literasi keuangan, tingkat demografi, motivasi menabung note: Dr. Misnen Ardiansyah, SE., M.Si., Akt., CA. abstract: Literasi keuangan memberikan manfaat yang besar bagi sektor perbankan, hal ini mengingat masyarakat adalah pengguna produk dan jasa perbankan. Banyaknya berbagai produk dan layanan lembaga jasa keuangan dirasa masih belum terlalu dipahami oleh masyarakat, terutama yang berkaitan dengan produk dan jasa layanan keuangan secara syariah. Adapun survei yang telah dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan Syariah pada 2016, tingkat literasi keuangan syariah sebesar 8.11%, sementara orang yang menggunakan produk dan jasa keuangan atau tingkat inkluasi keuangan syariah telah mencapai 11.06%. Literasi keuangan terbagi menjadi empat aspek, salah satunya adalah tabungan. Perilaku menabung biasanya didahului dengan adanya keinginan dari orang yang akan menabung serta niat dan motivasi agar dapat terlaksana dengan baik. Untuk dapat memahami perilaku menabung konsumen, pemasar dapat membuat strategi segmentasi sehingga bisa menentukan pasar sasaran (target market) dan memposisikan produk dengan proses komunikasi yang baik kepada konsumen sasaran. Salah satu karakteristik konsumen untuk melakukan segmentasi pasar yaitu segmentasi berdasarkan demografi, seperti jenis kelamin, usia, pendidikan, pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor demografi (jenis kelamin, usia, pendidikan, pendapatan), motivasi dan literasi keuangan terhadap minat menabung di perbankan syariah, serta pengaruh faktor demografi (jenis kelamin, usia, pendidikan, pendapatan) dan motivasi jika dimoderasi dengan literasi keuangan. Penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian ini, bahwa variabel independen dan variabel moderasi terhadap variabel dependen mempunyai pengaruh yang signifikan sebesar 50% sedangkan sisanya sebesar 50% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Uji F membuktikan bahwa faktor demografi (jenis kelamin, usia, pendidikan, pendapatan) dan motivasi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat menabung di perbankan syariah, F hitung > F tabel (44.351> 2.20) dan nilai signifikansi sebesar 0.000, (0.000<0.05), selain itu uji t pun secara parsial menunjukkan bahwa variabel faktor demografi (usia dan literasi keuangan) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat menabung di perbankan syariah, sedangkan jenis kelamin, pendidikan, pendapatan dan motivasi berpengaruh signifikan terhadap minat menabung diperbankan syariah. date: 2019-05-23 date_type: published pages: 209 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Magister Ekonomi Syariah thesis_type: masters thesis_name: other citation: SUSMITA, 16208010002 (2019) PENGARUH MODERASI LITERASI KEUANGAN TERHADAP HUBUNGAN ANTARA TINGKAT DEMOGRAFI DAN MOTIVASI PADA MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Pada Bank Muamalat Indonesia dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Cabang Pangkalpinang ). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40775/1/16208010002_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40775/2/16208010002_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf