TY - THES N1 - Nurul Arfinanti, M.Pd. ID - digilib40779 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40779/ A1 - Luthfi Bangkit Prananda, 15600036 Y1 - 2019/09/06/ N2 - Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi game edukasi untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa difabel rungu. Game edukasi ini memuat materi, game dan soal tentang kelipatan persekutuan terkecil untuk siswa difabel rungu. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan PPE. Tahapan PPE meliputi Planning, Production, dan Eveluation. Kriteria ketercapaian kualitas pada game edukasi ini dilakukan dengan pengujian sehingga dinyatakan valid oleh para ahli dan praktis oleh siswa difabel rungu. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi game edukasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika pada siswa difabel rungu. Melalui pengujian yang dilakukan oleh ahli materi, aplikasi ini mendapat persentase keidealan 87% (Sangat Baik), oleh ahli media game edukasi ini mendapat persentase keidealan 94% (Sangat Baik), oleh ahli difabel mendapat persentase keidealan 96% (Sangat Baik). Pengujian untuk mengetahui kepraktisan penggunaan aplikasi berdasarkan respon dari satu siswa tunarungu mendapatkan persentase 93% (Sangat Setuju) sehingga game edukasi ini dapat dikatakan layak berdasarkan kriteria valid dan praktis. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Kata Kunci : game edukasi KW - pemahaman konsep KW - anak difabel rungu KW - kelipatan persekutuan terkecil M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA DIFABEL RUNGU MATERI KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) AV - restricted EP - 163 ER -