eprintid: 40779 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12452 dir: disk0/00/04/07/79 datestamp: 2020-09-03 02:30:35 lastmod: 2020-09-17 05:27:54 status_changed: 2020-09-03 02:30:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Luthfi Bangkit Prananda, 15600036 title: PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA DIFABEL RUNGU MATERI KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) ispublished: pub divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci : game edukasi, pemahaman konsep, anak difabel rungu, kelipatan persekutuan terkecil note: Nurul Arfinanti, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi game edukasi untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa difabel rungu. Game edukasi ini memuat materi, game dan soal tentang kelipatan persekutuan terkecil untuk siswa difabel rungu. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan PPE. Tahapan PPE meliputi Planning, Production, dan Eveluation. Kriteria ketercapaian kualitas pada game edukasi ini dilakukan dengan pengujian sehingga dinyatakan valid oleh para ahli dan praktis oleh siswa difabel rungu. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi game edukasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika pada siswa difabel rungu. Melalui pengujian yang dilakukan oleh ahli materi, aplikasi ini mendapat persentase keidealan 87% (Sangat Baik), oleh ahli media game edukasi ini mendapat persentase keidealan 94% (Sangat Baik), oleh ahli difabel mendapat persentase keidealan 96% (Sangat Baik). Pengujian untuk mengetahui kepraktisan penggunaan aplikasi berdasarkan respon dari satu siswa tunarungu mendapatkan persentase 93% (Sangat Setuju) sehingga game edukasi ini dapat dikatakan layak berdasarkan kriteria valid dan praktis. date: 2019-09-06 date_type: published pages: 163 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Luthfi Bangkit Prananda, 15600036 (2019) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA DIFABEL RUNGU MATERI KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40779/1/15600036_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40779/2/15600036_BAB%20II_BAB%20III_BAB%20IV.pdf