@mastersthesis{digilib40780, month = {May}, title = {TEKNIK REFRAMING UNTUK PENGEMBANGAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA MAN 2 YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {17200010006 Siti Aminah}, year = {2019}, note = {Dr. Nurus Sa'adah, S.Psi., M.Si. Psi.}, keywords = {Teknik Reframing, Perilaku Prososial, MAN 2 Yogyakarta}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40780/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan perilaku prososial siswa melalui teknik reframing yang dilakukan guru bimbingan konseling. Siswa perlu diberi kesempatan yang lebih luas untuk berinteraksi secara positif. Ketika siswa memiliki niali-nilai prososial, hubungan teman sebaya yang positif memberikan kesempatan pada siswa untuk belajar dan berlatih keterampilan prososial. Proses interaksi sosial tersebut, diyakini dapat memotivasi pengembangan keterampilan kognitif yang mendukung terbentuknya perilaku prososial. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menghasilkan data deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah MAN 2 Yogyakarta, dikarenakan MAN tersebut salah satu sekolah yang mengunakan teknik reframing untuk pengembangan perilaku pososial siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah 9 siswa, dan 2 guru BK, teknik yang digunakan dalam pemilihan subyek adalah purposive sampling. Data dikumpulakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan tiga proses, yaitu reduksi, display, dan veifikasi. Selanjutnya data di validitasi dengan menggunakan tianggulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling melalui teknik reframing meupakan layanan unggulan, khusus untuk pengembangan peilaku prososial siswa. Ketika telah diberikan proses konseling melalui teknik reframing ini siswa dapat merasakan perubahan pada dirinya seperti: (1) perubahan emosi, (2) peubahan perilaku, (3) perubahan pikiran (4) percaya diri, (5) Mudah bergaul.} }