%0 Thesis %9 Masters %A Ade Yul Pascasari Katili, 17200010010 %B Pascasarjana, Prodi Interdisiplinary Islamic Studies %D 2019 %F digilib:40782 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Hospitality, Personal Branding, Pustakawan, Layanan Informasi %P 173 %T ANALISIS HOSPITALITY DAN PERSONAL BRANDING PUSTAKAWAN DALAM MEMBERIKAN LAYANAN INFORMASI DI BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN UNIT GRHATAMA PUSTAKA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40782/ %X Penelitian ini merupakan studi analisis hospitality dan personal branding pustakawan dalam memberikan layanan informasi di Balai Layanan Perpustakaan Unit Grhatama Pustaka. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran aspek hospitality pustakawan di Balai Layanan Perpustakaan Unit Grhatama Pustaka, gambaran aspek personal branding pustakawan, serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan aspek hospitality dan personal branding pustakawan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Peneliti melakukan pemilihan informan melalui teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara uji keabsahan data dilakukan dengan melakukan teknik triangulasi sumber, metode, waktu. Hasil peneltiian ini menunjukan bahwa : 1. Gambaran aspek hospitality yang telah diterapkan oleh pustakawan di Balai Layanan Perpustakaan Unit Grahatama Pustaka adalah mengelola mutu, partisipasi diri, komunikasi, goals, problem solving, disiplin, peka terhadap tren, peka terhadap pengguna, kreatif, energik dan diplomatis serta ambisius. Keseluruhan aspek-aspek tersebut telah dilaksnakan oleh pustakawan dalam memberikan layanan infromasi di perpustakaan. 2. Aspek personal branding yang telah dilaksanakan oleh pustakawan Balai Layanan Perpustakaan Unit Grhatama Pustaka adalah self reflection, continous learning, strategi marketing, relationship network, deliver your message, dan teknologi. 3. Faktor pendukung dalam penerapan hospitality dan personal branding adalah sumber daya manusia, kebijakan pemimpin, tunjangan jabatan, sarana prasarana, pembinaan pegawai dan kunjungan. Untuk faktor penghambat yang mempengaruhi adalah beban kerja, minimnya sumber daya manusia, minimnya anggaran, gaya kepemimpinan, pemustaka, dan sarana prasarana. Saran dalam penelitian ini adalah 1. Ada dua aspek yang perlu ditingkatkan oleh pustakawan di Balai Layanan Perpustakaan Unit Grahatama Pustaka mengenai aspek hospitality yaitu peka terhadap tren yakni pemafaatan online service provider melalui sosial media masing-masing dan bersikap ambisius. 2. Pada aspek personal branding, indikator yang perlu di perhatikan sekaligus dikembangkan lebih baik lagi adalah pemanfaatan serta penguasaan teknologi infromasi guna pelayanan infromasi yang maksimal bagi pemustaka. 3. Faktor pendukung dan penghambat yang perlu diperhatikan oleh Pimpinan Balai layanan Perpustakaan Unit Grahatama Pustaka agar meninjau kembali kebijakan dalam berbagai aspek di perpustakaan khususnya yang berkaita dengan hospitality dan personal branding pustakawan. %Z Dr. Hj. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag., SIP., M.Si.