%0 Thesis %9 Masters %A MUHAMMAD ABDUL MALIK, NIM.: 1620410076 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2020 %F digilib:40783 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K kemandirian, tauhid, enterpreneuership %P 124 %T PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN BERDASARKAN KURIKULUM TAUHID DAN ENTERPRENEURSHIP DI TK KHALIFAH CONDONGCATUR %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40783/ %X Rendahnya tingkat kemandirian pemuda Indonesia dari segi ekonomi dan kurangnya jumlah pengusaha di negeri ini yang hanya berjumlah 1,6% dari total penduduk, padahal jumlah minimal pengusaha dalam suatu negara menurut para ahli ekonomi adalah 2%, agar ekonomi negara tersebut stabil dan bagus. Karena itulah penanaman sikap kemandirian sangat penting ditanamkan kepada anak sejak usia dini. Tujuan penelitian mengkaji pengembangan sikap kemandirian berdasarkan kurikulum tauhid dan enterpreneurship. Jenis penelitian lapangan, objek penelitiannya adalah TK Khalifah Condongcatur. Pendekatan analisis kualitatif. Sumber data adalah kepala sekolah, guru kelas TK B I dan II, siswa-siswi kelas TK B I dan II TK Khalifah Condongcatur. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang diperkuat dengan triangulasi. Hasil penelitian adalah: Pertama, implementasi kurikulum tauhid dan enterpreneuship telah disusun melalui tahapan Program Tahunan, Program Semester, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Kedua, pengembangan sikap kemandirian perserta didik dari sisi enterpreneurshipnya melalui pembekalan life skill seperti: pembiasaan makan sendiri, membuang sampah ke tempatnya, meletakkan piring di tempat cucian, ke toilet sendiri, memakai pakaian sendiri, field study, dan bermain peran. Sedangkan pengembangan sikap kemandirian dari sisi tauhidnya meliputi: pembelajaran Alqur’an, menghapal surah-surah pendek, pengenalan sirah nabi Muhammad, bersedekah, puasa Senin dan Kamis, sholat Dhuha. Ketiga, implikasi kurikulum tauhid dan enterpreneurship pada siswa telah membuat perubahan yang positif terhadap sikap kemandirian dan tauhid/spritualitas dari setiap siswa. %Z Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M