TY - THES N1 - Dr. Tafrikhuddin, S.Ag., M.Pd. ID - digilib40784 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40784/ A1 - Moh. Mustofa Hadi, 17200010017 Y1 - 2019/04/25/ N2 - Latar belakang penelitian ini bahwa kunjungan pemustaka ke Perpustakaan UGM Yogyakarta, boleh jadi dipengaruhi oleh faktor keberhasilan strategi promosi perpustakaan. Dengan menggunakan pendekatan PDCA (Plan, Di, Check, Act), peneliti ingin menganalisis strategi promosi tersebut. Menurut Matthews, bahwa manfaat strategi promosi dengan pendekatan PDCA adalah untuk menyelesaikan dan mengendalikan suatu permasalahan dengan pola yang runtun dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana promosi Perpustakaan UGM Yogyakarta melalui pendekatan PDCA, bagaimana strategi promosinya, dan bagaimana peran Humas serta media sosial dalam promosi perpustakaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Untuk menganalisis strategi promosi digunakan analisis SWOT dengan pendekatan PDCA. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan (i) Promosi Perpustakaan UGM Yogyakarta telah dilakukan secara sistematis dan beruntun. Hal ini terlihat dari dilaksanakannya tahapan pendekatan PDCA yang dimulai dari dimensi perencanaan, palaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut hasil evaluasi, (ii) Strategi promosi Perpustakaan UGM saat ini adalah menggunakan HUmas dan Media Sosial, (iii) Peran Humas Perpustakaan yang telah dilakukan oleh Perpustakaan UGM adalah sebagai komunikator, pembina hubungan, pembangun citra positif, dan sebagai promosi perpustakaan. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Perpustakaan UGM KW - Promosi Perpustakaan KW - pendekatan PDCA KW - perpustakaan perguruan tinggi M1 - masters TI - Analisis Strategi Promosi Perpustakaan UGM Yogyakarta Melalui Humas dan Media Sosial AV - restricted EP - 192 ER -