eprintid: 40784 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12192 dir: disk0/00/04/07/84 datestamp: 2020-09-03 02:50:16 lastmod: 2020-09-03 02:50:16 status_changed: 2020-09-03 02:50:16 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Moh. Mustofa Hadi, 17200010017 title: Analisis Strategi Promosi Perpustakaan UGM Yogyakarta Melalui Humas dan Media Sosial ispublished: pub subjects: pro_perpus divisions: perp_inf full_text_status: restricted keywords: Perpustakaan UGM, Promosi Perpustakaan, pendekatan PDCA, perpustakaan perguruan tinggi note: Dr. Tafrikhuddin, S.Ag., M.Pd. abstract: Latar belakang penelitian ini bahwa kunjungan pemustaka ke Perpustakaan UGM Yogyakarta, boleh jadi dipengaruhi oleh faktor keberhasilan strategi promosi perpustakaan. Dengan menggunakan pendekatan PDCA (Plan, Di, Check, Act), peneliti ingin menganalisis strategi promosi tersebut. Menurut Matthews, bahwa manfaat strategi promosi dengan pendekatan PDCA adalah untuk menyelesaikan dan mengendalikan suatu permasalahan dengan pola yang runtun dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana promosi Perpustakaan UGM Yogyakarta melalui pendekatan PDCA, bagaimana strategi promosinya, dan bagaimana peran Humas serta media sosial dalam promosi perpustakaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Untuk menganalisis strategi promosi digunakan analisis SWOT dengan pendekatan PDCA. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan (i) Promosi Perpustakaan UGM Yogyakarta telah dilakukan secara sistematis dan beruntun. Hal ini terlihat dari dilaksanakannya tahapan pendekatan PDCA yang dimulai dari dimensi perencanaan, palaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut hasil evaluasi, (ii) Strategi promosi Perpustakaan UGM saat ini adalah menggunakan HUmas dan Media Sosial, (iii) Peran Humas Perpustakaan yang telah dilakukan oleh Perpustakaan UGM adalah sebagai komunikator, pembina hubungan, pembangun citra positif, dan sebagai promosi perpustakaan. date: 2019-04-25 date_type: published pages: 192 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Pascasarjana, Prodi Interdisiplinary Islamic Studies thesis_type: masters thesis_name: other citation: Moh. Mustofa Hadi, 17200010017 (2019) Analisis Strategi Promosi Perpustakaan UGM Yogyakarta Melalui Humas dan Media Sosial. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40784/1/17200010017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40784/2/17200010017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf