%0 Thesis %9 Skripsi %A SINTA SURYANINGSIH, 15600051 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2019 %F digilib:40795 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan penemuan terbimbing, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Minat Belajar %P 348 %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40795/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan penemuan terbimbing lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Penelitian ini juga untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan penemuan terbimbing lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan penemuan terbimbing serta variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika dan minat belajar peserta didik. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Turi tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitiannya adalah peserta didik kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VII C sebagai kelas kontrol. Kelas VII D dijadikan sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan penemuan terbimbing. Instrumen dalam penelitian ini adalah pretest- posttest kemampuan pemecahan masalah matematika, prescale-postscale minat belajar, RPP, dan LKPD. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Mann Whitney untuk kemampuan pemecahan masalah matematika dan uji-t untuk minat belajar. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 23 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan penemuan terbimbing lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan penemuan terbimbing lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar peserta didik. %Z Dr. Hj. Khurul Wardati, M.Si