eprintid: 40801 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12452 dir: disk0/00/04/08/01 datestamp: 2020-09-03 03:51:06 lastmod: 2020-09-17 05:15:39 status_changed: 2020-09-03 03:51:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Lia Fatra Nur Kamalin, 15600054 title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP ispublished: pub divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Kata kunci: Think Talk Write, PMRI, Kemampuan Literasi Matematika note: Mulin Nu’man, M. Pd abstract: Pembelajaran dengan model TTW merupakan salah satu inovasi pembelajaran untuk mencapai pembelajaran yang baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan model Think Talk Write (TTW) pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) lebih efektif dibanding pembelajaran konvensional terhadap kemampuan literasi matematika siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitiannya non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pembelajaran dengan model Think Talk Write (TTW) dengan pendekatan PMRI dengan variabel terikat yaitu kemampuan literasi matematika siswa dalam tes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas VII C dan VII G. Kelas VII C dijadikan kelas eksperimen dengan treatment pembelajaran berupa model Think Talk Write (TTW) dengan pendekatan PMRI. Kelas VII C dijadikan kelas kontrol dengan treatment berupa pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pretest-posttest kemampuan literasi matematika, RPP dan LAS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika parametrik inferensial yaitu uji t. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Think Talk Write (TTW) pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) lebih efektif dibanding pembelajaran konvensional terhadap kemampuan literasi matematika siswa SMP. date: 2019-08-22 date_type: published pages: 252 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Lia Fatra Nur Kamalin, 15600054 (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40801/1/15600054_BAB%20II_sampai_BAB%20IV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40801/2/15600054_SEBELUM_BAB%20I_BAB%20V%20DAN%20DAFTAR%20PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf