relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40803/ title: ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA ARITMETIKA SOSIAL DI MTs AL ISLAMIYAH BALOREJO creator: Mega Rohana, 15600055 description: Kesalahan merupakan suatu hal yang penting diketahui dalam menyelesaikan soal matematika, karena dengan mengetahui kesalahan yang dilakukan oleh siswa kita dapat mengevaluasi pembelajaran yang telah terjadi. Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita juga salah satu hal yang penting diketahui karena pada saat siswa menyelesaikan soal cerita ada kemampuan lain selain menghitung yang harus dikuasai oleh siswa agar dapat menyelesaikan soal cerita. Untuk memperbaiki kualitas pembelajaran harus di awali dengan melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah berjalan, salah satu cara yang dapat ditempuh untuk melakukan evaluasi terhadap pembelajaran adalah dengan melakukan analisis terhadap kesalahan yang dilakukan oleh siswa pada saat menyelesaikan soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa serta penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita dengan materi aritmetika sosial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) tahap pra lapangan yang meliputi menyusun rancangan penelitian, instrumen penelitian, menentukan tempat penelitian dan wawancara dengan guru; 2) tahap pekerjaan lapangan yang meliputi pemberian soal tes diagnostik, menganalisis hasil tes diagnostik, serta melaksanakan wawancara dengan siswa; 3) analisis data yaitu melakukan analisis terhadap data yang diperoleh selama penelitian. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama serta soal tes dan pedoman wawancara. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa melakukan semua jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita aritmetika sosial, jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa menurut analisis kesalahan Newman yaitu kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan akhir. Persentase kesalahan yang dilakukan oleh siswa yaitu kesalahan membaca sebesar 90,9%, kesalahan memahami sebesar 100%, kesalahan transformasi sebesar 100%, kesalahan keterampilan proses sebesar 100%, dan kesalahan penulisan akhir sebesar 100%. Penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut diantaranya adalah siswa tidak memahami soal, tidak mengerti kosa kata yang ada, tidak mampu menentukan rumus yang harus digunakan, tidak mengetahui rumus, dan siswa melewatkan informasi yang terdapat pada soal. date: 2019-08-22 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40803/1/15600055_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40803/2/15600055_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf identifier: Mega Rohana, 15600055 (2019) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA ARITMETIKA SOSIAL DI MTs AL ISLAMIYAH BALOREJO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.