%0 Thesis %9 Skripsi %A Fifi Luthfiyah, 15670012 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2019 %F digilib:40811 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Kata Kunci: Pengembangan, Media Interaktif, Blended Learning, Representasi %P 276 %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA INTERAKTIF BERBASIS BLENDED LEARNING BERORIENTASI REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40811/ %X Penggunaan media pembelajaran berbasis ICT yang masih minim dalam proses pembelajaran membuat guru sulit menjelaskan materi kimia yang sifatnya abstrak, sehingga diperlukan media pembelajaran yang dapat menggabungkan berbagai media menjadi satu agar dapat menggambarkan ketiga level representasi kimia. Pembelajaran kimia juga dipermudah dengan adanya pembelajaran Blended learning, yaitupembelajaran yang dapat menggabungkan pembelajaran di kelas denganpembelajaran yang menggunakan internet (e-learning). Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengkaji kualitas produk dan respon siswa setelah menggunakan produk. Pengembangan media pembelajaran kimia interaktif berbasis blended learning berorientasi representasi kimia dikembangkan dengan menggunakan desain penelitian Research and Development dan model pengembangan 4-D yang dibatasi sampai pada tahap develop. Teknik pengumpulan data untuk mengkaji kualitas produk dan respon peserta didik adalah dengan menggunakan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa penilaian dengan skala 4 untuk mengetahui iii kualitas produk, sedangkan penilaian dengan skala dua untuk mengetahui respon peserta didik terhadap produk. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji kualitas produk dan respon peserta didik adalah dengan mengubah data kualitatif menjadi data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualitas yang sangat baik berdasarkan penilaian dosen ahli materi, dosen ahli media, dan tiga orang guru kimia SMA/MA memiliki kualitas yang sangat baik (SB) dengan persentase keidealan berturut-turut sebesar 75 %, 93,18 %, dan 88.33%. Sedangkan untuk respon peserta didiknya dikategorikan sangat baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 80%. %Z Shidiq Premono, M.Pd.