%0 Thesis %9 Masters %A Ernawati, 17200010071 %B Pascasarjana, Prodi Interdisiplinary Islamic Studies %D 2019 %F digilib:40823 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Stakeholder perpustakaan, Three Need Theory, Teori Alderfer %P 230 %T MOTIVASI STAKEHOLDERS SEKOLAH DALAM MENCAPAI KEBERHASILAN AKREDITASI PERPUSTAKAAN (Studi Kasus di Prama Widya Pustaka SMA Negeri 1 Wonosari) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40823/ %X Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus di Perpustakaan SMA Negeri 1 Wonosari terakreditasi “A”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan motivasi stakeholders sekolah dalam mencapai keberhasilan akreditasi perpustakaan sekolah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dipilih secara purposive sampling yang dianggap paling tahu tentang masalah yang diteliti. Informan dalam penelitian ini ada 8 stakeholder. Kepala sekolah merupakan key informan. Analisis data menggunakan metode Spradley yang dibagi dalam 4 analisis yaitu : analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial dan analisis tema kultural Adapun uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran stakeholder dalam mencapai akreditasi perpustakaan dibagi kedalam 5 klasifikasi yaitu : Policy Creator, koordinator, fasilitator, implementer dan akselerator. Sedangkan motivasi stakeholders dalam mencapai keberhasilan akreditasi dapat dilihat dengan menggunakan pendekatan Three Need Theory antara lain : Need For Achievement, Need For Affiliation dan Need For Power. Berdasarkan Need For Achievement dilatarbelakangi karena keunggulan sekolah dan fungsi perpustakaan. Need For Affiliation dilatarbelakangi oleh faktor internal dan eksternal dan kerjasama tim. Need For Power memberikan hasil yang berdampak mencapai keberhasilan. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa adanya teori motivasi lain berdasarkan analisis data dilapangan. Adapun teori yang berkaitan dengan hal ini dilatar belakangi oleh didasarkan pada kebutuhan manusia akan keberadaan (exsistence) dimana perpustakaan tidak lagi dipandang sebelah mata, hubungan (relatedness) yaitu terjalinnya hubungan antar stakeholder serta kerjasama dengan perpustakaan lain. Sedangkan pertumbuhan (growth) terjadi perubahan mindset dan keinginan untuk belajar oleh setiap stakeholder. Teori tersebut merupakan teori yang dikemukakan oleh Clyaton Alderfer seorang psikolog asal Amerika Serikat %Z Dr. Hj. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag., SIP., M.Si.