TY - THES N1 - Shidiq Premono, M.Pd ID - digilib40824 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40824/ A1 - Fatikah Giyana Cahyani, 15670024 Y1 - 2019/08/20/ N2 - Kecerdasan yang seseorang terdiri dari delapan jenis atau kecerdasan majemuk. Kecerdasan logis-matematis dan kecerdasan interpersonal dibutuhkan pada pembelajaran kimia. Hasil belajar kimia berkaitan dengan kecerdasan logis- matematis siswa. Sedangkan motivasi belajar kimia berkaitan dengan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, perlu menentukan hubungan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kecerdasan logis-matematis terhadap hasil belajar kimia siswa. Selain itu, untuk mengkaji hubungan antara kecerdasan interpersonal terhadap motivasi belajar kimia siswa. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Partisipan dalam penelitian sebanyak 34 siswa dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk memperoleh data kecerdasan interpersonal dan motivasi. Selain itu, tes untuk memperoleh data kecerdasan logis-matematis dan hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi. Berdasakan hasil penelitian diketahui hubungan antara kecerdasan logis- matematis dengan hasil belajar kimia siswa linier positif dan signifikan dengan nilai r = 0,864 dalam kategori sangat tinggi. Sedangkan hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan motivasi belajar kimia siswa linier positif dan signifikan dengan nilai r = 0, 392 dalam kategori rendah. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Kata kunci: Kecerdasan Logis-matematis KW - Kecerdasan Interpersonal KW - Hasil Belajar KW - Motivasi Belajar M1 - skripsi TI - HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DENGAN HASIL BELAJAR DAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA AV - restricted EP - 114 ER -