@mastersthesis{digilib40827, month = {May}, title = {PELAYANAN MANDIRI DALAM PEMINJAMAN DAN PENGEMBALIAN KOLEKSI BERBASIS TEKNOLOGI RFID: KAJIAN ALIENASI DAN STRATEGI SOSIALISASI DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {17200010082 Wahfiuddin Rahmad Harahap}, year = {2019}, note = {Dr. Syifaun Nafisah, ST., MT.}, keywords = {Layanan perpustakaan, teknologi RFID, Perpustakaan Perguruan Tinggi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40827/}, abstract = {Tesis ini membahas tentang Pelayanan Mandiri Dalam Peminjaman Dan Pengembalian Koleksi Berbasis Teknologi RFID: Kajian Alienasi Dan Strategi Sosialisasi Di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Adapun tujuannya ialah untuk: (1) Menganalisis pelayanan mandiri dalam peminjaman dan pengembalian koleksi berbasis teknologi RFID dari sisi kajian alienasi (keterasingan). (2) Mengidentifikasi kendala yang dihadapi pustakawan pada pelayanan mandiri dalam peminjaman dan pengembalian koleksi berbasis teknologi RFID di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. (3) Menganalisis upaya strategi sosialisasi Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam mengatasi kendala-kendala pada pelayanan mandiri dalam peminjaman dan pengembalian koleksi berbasis teknologi RFID. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik validitas datanya menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Teknik analisis datanya melalui reduksi data/ kodifikasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verivikasi. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Pelayanan mandiri dalam peminjaman dan pengembalian koleksi berbasis teknologi RFID dari sisi kajian alienasi (keterasingan) ialah tidak serta merta mengalienasikan (mengasingkan) pustakawan sebagai petugas layanan sirkulasi. (2) Kendala yang dihadapi pustakawan pada pelayanan mandiri dalam peminjaman dan pengembalian koleksi berbasis teknologi RFID terbagi atas dua bagian yaitu: kendala pada bagian sistem dan teknis. (3) Upaya strategi sosialisasinya ialah Memberikan layanan yang baik dengan memberikan solusi dalam setiap permasalahan yang dialami pemustaka dalam proses peminjaman dan pengembalian koleksi mandirinya. Pustakawan sebaiknya menimbulkan sikap peka berupa rasa simpati dan empati tatkala pemustaka mengalami kesulitan. Ketika ada masalah pada pemustaka terkait tentang peminjaman maka menjadi peluang bagi pustakawan untuk memberi penjelasan lebih jauh pada mereka hingga benar-benar paham.} }