%A 16204080044 Alfiyatus Sa’adah %O Dr. Zainal Arifin, S.Pdi., M.Si. %T STRATEGI PEMASARAN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT UNTUK MENYEKOLAHKAN ANAKNYA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SULTAN AGUNG DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya minat masyarakat terhadap MI Sultan Agung. Strategi pemasaran yang baik perlu disusun agar MI Sultan Agung tidak ditinggalkan. Sistem fullday school dan budaya lokal menjadi unggulan MI Sultan Agung untuk menarik minat masyarakat. Tujuan dari penelitian ini untuk 1) mengetahui penyebab menurunnya minat masyarakat terhadap MI Sultan Agung, 2) strategi pemasaran yang digunakan MI Sultan Agung, 3) faktor pendorong minat masyarakat terhadap MI Sultan Agung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumen. Sumber data berasal dari peserta didik, wali peserta didik, guru, kepala madrasah, komite madrasah, dan diperkuat dengan dokumen yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan 1) penyebab menurunnya minat masyarakat terhadap MI Sultan Agung, adalah hilangnya metode Qiraati, sistem keamanan sekolah, kantin madrasah, tidak ada sosialisasi ke RA/TK; (2) Strategi pemasaran pendidikan di MI Sultan Agung dalam menarik minat masyarakat dengan pendekatan mutu, melalui: (a) produk: pengembangan kurikulum, keunggulan budaya lokal, peningkatan mutu akademik, peningkatan mutu non akademik; (b) harga terjangkau, (c) lokasi strategis, (d) promosi secara lisan, media, dan pameran, (e) Memperbaiki dan melengkapi sarana dan prasana; (g) melibatkan seluruh unsur madrasah; (3) Faktor Pendukung Minat Masyarakat terhadap MI Sultan Agung, yaitu pendidikan agama, pembiasaan ibadah, sistem fullday school, biaya, lokasi, dan kepuasan layanan. %K manajemen madrasah, promosi pendidikan, Madrasah Ibtidaiyah Sultan Agung Depok %D 2019 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib40837