TY - THES N1 - Pembimbing: Suwadi, M. Ag ID - digilib4086 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4086/ A1 - ARIF HIDAYAT - NIM. 05410076, Y1 - 2010/03/22/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah variasi penggunaan metode dalam pembelajaran bagi guru PAI merupakan hal penting. Namun kenyataannya guru kurang kreatif dalam menggunakan metode yang ada. Metode yang selama ini digunakan adalah metode resitasi. Metode tersebut dirasa cocok dengan materi al-Qur'an Hadits kelas XI MAN karena materi tersebut lebih menekankan kepada kemandirian siswa dalam membaca ayat al-Qur'an atau Hadits dengan lancar, menerjemahkan, dan menjelaskan isi kandungannya. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang penerapan metode resitasi dalam pembelajaran al-Qur'an Hadits. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana penerapan metode resitasi dalam pembelajaran al-Qur'an Hadits di kelas XI MAN Wates I Kulon Progo, apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan metode tersebut, dan problem apa saja yang muncul dalam penerapan metode tersebut serta usaha-usaha untuk mengatasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang penerapan metode resitasi dalam pembelajaran al-Qur'an Hadits di kelas XI MAN Wates I Kulon Progo, faktor-faktor yang mempengaruhinya dan kendala-kendala yang dihadapi serta usaha-usaha untuk mengatasinya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan metode resitasi dalam pembelajaran al-Qur'an Hadits. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MAN Wates I Kulon Progo Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber yang didapat kemudian dari data tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Metode resitasi dalam pembelajaran al-Qur'an Hadits di kelas XI MAN Wates I Kulon Progo diterapkan dengan dua cara yaitu secara berkelompok dan secara mandiri. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan metode resitasi yaitu faktor pendidik, faktor siswa, dan faktor media pembelajaran yang digunakan. 3) Kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan metode resitasi dalam pembelajaran al-Qur'an Hadits adalah: a) Perbedaan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur'an. b) Ketidakmampuan siswa dalam menerjemahkan ayat al-Qur'an permufrodat. c) Kurangnya minat siswa untuk mencatat materi. Sedangkan usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala tersebut adalah: a) Bimbingan khusus membaca al-Qur'an. b) Pemberian trik menerjemahkan dengan mudah. c) Pengecekan buku catatan siswa. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - metode resitasi KW - pembelajaran al-Qur'an Hadits M1 - skripsi TI - PENERAPAN METODE RESITASI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADITS DI KELAS XI MAN WATES I KULON PROGO YOGYAKARTA AV - restricted ER -