%0 Thesis %9 Skripsi %A GALIH KATON IRAWANTO - NIM. 05410012 , %B Fakultas Tarbiyah %D 2010 %F digilib:4087 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K pembelajaran fikih, multimedia berbasis komputer %T PEMANFAATAN MEDIA KOMPUTER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI KELAS VIII B MTsN MAGUWOHARJO %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4087/ %X Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan pembelajaran fikih di MTsN Maguwoharjo yang masih terkesan monoton dengan menggunakan cara lama yaitu dengan ceramah dan media papan tulis, sehingga pembelajaran fikih kurang menarik bagi siswa, terlebih lagi di kelas VIII B pembelajaran fikih dilaksanakan pada jam siang yang mengakibatkan siswa ngantuk, malas dan kurang memperhatikan pelajaran, sehingga prestasi siswa kurang memuaskan. Salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa adalah dengan melaksanakan pembelajaran yang menarik, asyik dan tidak membosankan yaitu dengan menggunakan multimedia berbasis komputer. Pembahasan penelitian ini untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan multimedia berbasis komputer dan untuk mengetahui peningkatan prestasi siswa setelah menggunakan multimedia berbasis komputer dalam pembelajaran fikih. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTsN Maguwoharjo yang berjumlah 34 siswa. Rencana tindakan pada penelitian ini meliputi dua siklus. Siklus I dengan meteri makanan yang haram dan sikus II dengan materi minuman yang halal dan haram. Instrumen yang digunakan selama pengambilan data adalah lembar observasi, panduan wawancara, tes dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data kemudian mengorganisasikan data yang muncul agar bisa disajikan dan ditarik kesimpulan. Mengenai keberhasilan produk, dapat diketahui dengan prosentase keberhasilan. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan: (1) Penggunaan multimedia berbasis komputer dalam pembelajaran fikih siswa kelas VIII B MTsN Maguwoharjo dilaksanakan dalam dua siklus. Sebelum melakukan tindakan, dilakukan observasi awal untuk mengetahui kondisi pembelajaran dan gambaran kelas sebelum dilaksanakan tindakan. Setiap pelaksanaan siklus akan diiringi empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dari dua siklus tersebut kemudian diolah dan dimaknai sehingga mendapatkan kesimpulan bahwa penerapan multimedia berbasis komputer berjalan dengan lancar dan membawa dampak positif bagi aktifitas dan prestasi belajar siswa. (2) Peningkatan prestasi belajar fikih siswa mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dari rata-rata pada pelaksanaan siklus I hasil pre test sebesar 6,39 dan nilai pos test sebesar 8,33. Ini berarti ada peningkatan sebesar 1,94. Pada pelaksanaan siklus II prestasi belajar siswa semakin bagus hal ini ditandai dengan perolehan nilai rata-rata kelas ketika diadakan pre test sebesar 7,75 dan nilai post test sebesar 8,71. Hal ini berarti prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 0,96, dan bila dilihat dari nilai rata-rata sebelum dan setelah tindakan, prestasi siswa mengalami peningkatan 1,88 dari 6,83 menjadi 8,71. %Z Pembimbing: Drs. Sabarudin, M.Si.,