eprintid: 4088 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/40/88 datestamp: 2012-09-04 08:31:59 lastmod: 2016-04-28 02:36:50 status_changed: 2012-05-04 16:45:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: IMAM MAHRUS - NIM. 05470025 , title: PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Yogyakarta) ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Multikultural, guru Pendidikan Agama Islam note: Pembimbing: 1. Sibawaihi, M.Ag. 2. M. Agus Nuryatno, Ph.D. abstract: Skripsi ini berjudul Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Pendidikan Multikultural (studi kasus di SMA N 3 Yogyakarta), mengkaji tentang keberagaman multkultural dan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan pendidikan di lingkungan sekolah tersebut. Hal ini dikarenakan ketertarikan penyusun terhadap tema ini. Pendidikan multikultural yang masih sebatas konsep teori dalam literatur dan diskusi, mencoba untuk ditarik dalam realita atau praktiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang keberagaman dan peran guru PAI dalam menerapkan pendidikan multikultural di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan bahan pertimbangan bagi guru maupun staf sekolah dalam mewujudkan pendidikan multikultural dalam sebuah lembaga pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 3 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kondisi warga di SMA N 3 Yogyakarta cukup beragam. Adanya bermacam-macam etnis, agama, status sosial, intelegensi, pola pikir, pada sebuah lembaga pendidikan. (2) Peran guru PAI dalam usahanya menerapkan pendidikan multikultural telah sesuai dengan maksud dan tujuan pendidikan multikultural. Hal ini berdasar pada kegiatan belajar mengajar yang sudah dapat mengindikasikan bahwa guru secara umum sudah menerapkannya. Selain itu, interaksi sosial dengan para guru dan karyawan berjalan dengan baik dan toleran. date: 2010-03-22 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2010-03-22 15:09:23 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--imammahrus-3863-1-imammah-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/78/digilib-uinsuka--imammahrus-3863-1-imammah-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=4326 ; nama file lama : IMAM MAHRUS NIM 05470025 PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Yogyakarta).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1397112 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2010-03-22 15:09:23 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--imammahrus-3863-1-imammah-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/78/digilib-uinsuka--imammahrus-3863-1-imammah-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=4326 ; nama file lama : IMAM MAHRUS NIM 05470025 PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Yogyakarta).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1397112 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: IMAM MAHRUS - NIM. 05470025 , (2010) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4088/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4088/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf