TY - THES N1 - Dr. H. Maksudin, M.Ag. ID - digilib40887 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40887/ A1 - FATIHA KHAIRUNNISA, NIM: 15420045 Y1 - 2019/06/13/ N2 - Fatiha Khairunnisa. 15420045. Pengembangan Game Tebak Gambar Sebagai Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas X SMK Ma?arif Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang penelitian ini adalah siswa mengalami frustasi karena harus mengingat kembali kosakata bahasa Arab. Hal ini disebabkan kurangnya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran. Oleh karena itu, muncullah ide untuk mengembangkan media game tebak gambar dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game tebak gambar bahasa Arab, mengetahui kelayakan game tebak gambar sebagai media pembelajaran, dan mengetahui penerapan game tebak gambar dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas X SMK Ma?arif Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan menurut Brog dan Gall. Pengembangan media dalam penelitian ini divalidasi oleh ahli media dan ahli materi dari dosen jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kualitas media ialah angket. Penilaian media dilakukan oleh satu peer reviewer dan 32 siswa kelas X SMK Ma?arif Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Analisis data yang digunakan untuk mengolah hasil validasi dari ahli media, ahli materi, peer reviewer dan siswa adalah presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: validasi dari ahli media memperoleh penilaian kategori ?Baik? dengan presentase sebesar 76,67%, angket ahli materi 93,85% yang berkategori ?Sangat Baik?, angket peer reviewer 90% yang berkategori ?Sangat Baik?, dan angket siswa 84,38% termasuk dalam respon ?Positif?. Selain itu terdapat peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil pre test (47) skala terbatas, (47) skala luas dan hasil post test (86) skala terbatas, (83) skala luas. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa game tebak gambar bahasa Arab layak digunakan dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab untuk siswa kelas X. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pengembangan KW - Media Game Tebak Gambar KW - Kosakata Bahasa Arab M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN GAME TEBAK GAMBAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMK MA?ARIF AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019 AV - restricted EP - 144 ER -