@phdthesis{digilib40890, month = {September}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA KOKAMI (KOTAK DAN KARTU MISTERIUS) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS YAPI PAKEM TAHUN AJARAN 2018/2019 SKRIPSI}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 15420082 JURUSAN Amrik Wijayanti}, year = {2019}, note = {Drs. Dudung Hamdun, M,Si.}, keywords = {Pengembangan, Media Pembelajaran, Kotak dan Kartu Misterius}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40890/}, abstract = {Amrik Wijayanti, Pengembangan Media Kotak dan Kartu Misterius dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Yapi Pakem Sleman Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kotak dan kartu misterius dalam pembelajaran bahasa Arab, mengetahui respon siswa terhadap media kotak dan kartu misterius dan mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Yapi Pakem. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian Research and Development (R\&D) dengan menggunakan 9 tahapan, yaitu identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian dan revisi produk. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam persentase. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tersusunnya media kotak dan kartu misterius dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII tingkat Madrasah Tsanawiyah dengan kriteria ?Sangat Baik? berdasarkan penilaian ahli materi dengan persentase 90\% penilaian ahli media dengan persentase 88,33\% dan penilaian peer reviewer dengan persentase 90\%. 2) Respon siswa terhadap media dalam uji coba lapangan secara keseluruhan memperoleh kategori ?Positif? dengan persentase 88,95\% dan hasil nilai rata-rata pre-test kelompok terbatas 42, kelompok luas 41 dan hasil nilai rata-rata post-test kelompok terbatas 70, kelompok luas 57. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh media kotak dan kartu misterius terhadap peningkatan hasil belajar siswa.} }