@phdthesis{digilib40893, month = {July}, title = {EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRAD?T BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs PANGERAN DIPONEGORO SALAMAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM: 15420102 Lutfi Nurul Hidayah}, year = {2019}, note = {Drs. H. Adzfar Ammar., M.A.}, keywords = {Media Bernyanyi, Pembelajaran Bahasa Arab, Penguasaan Mufrad?t}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40893/}, abstract = {Lutfi Nurul Hidayah (15420102). Efektivitas Penggunaan Media Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Mufrad?t Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Pangeran Diponegoro Salaman Magelang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab dengan media bernyanyi dalam penguasaan mufrad?t dan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan penguasaan mufrad?t kelas eksperimen yang menggunakan media bernyanyi dengan kelas control yang tidak menggunakan media bernyanyi.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Adapun desain penelitian adalah Pretest-Posttest Control Group Design dengan menggunakan kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan (treatment) dengan media bernyanyi dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Sampel yang dipilih adalah kelas VII B (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VII A (sebagai kelas kontrol). Data diuji menggunakan uji test ?t? dengan sampel. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yaitu 0,047 kurang dari 0,05 sehingga dinyatakan signifikan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan media bernyanyi dapat meningkatkan penguasaan mufrad?t kelas VII MTs Pangeran Diponegoro Salaman Magelang tahun pelajaran 2018/2019.} }