TY - THES N1 - Prof. Dr. H. Maragustam, MA. ID - digilib40910 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40910/ A1 - Dwi Noviatul Zahra, 17204010003 Y1 - 2019/02/15/ N2 - Keilmuan yang dipadukan dengan nilai-nilai Islam menjadikan kehidupan manusia lebih mulia. Dengan batas-batas nilai agama yang jelas, manusia terjaga dari ancaman dehumanisasi. Keduanya memiliki ranah bahasan yang berbeda dan tidak saling bertegur sapa. Hal ini memunculkan anggapan bahwa ilmu agama (Islam) dan ilmu rasional (Sains) tidak dapat dipadukan, sehingga menimbulkan pola pikir dikotomistik terutama dalam bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemaduan ilmu-ilmu rasional kedalam materi PAI di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta dan bagaimana keberhasilan integrasi Ilmu-ilmu Rasional Kedalam Materi PAI di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Sains (ilmu rasional) adalah suatu deretan konsep serta sksema konseptual yang berhubungan satu sama lain dan tumbuh sebagai hasil eksperimentasi dan observasi, serta berguna untuk diamati dan dieksperimentasikan lebih lanjut. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Dalam menentukan subyek penelitian, penelitian ini menggunakan tehknik purposive sampling yaitu kepala sekolah, guru PAI, matematika, kimia, biologi, sejarah, geografi dan siswa kelas X. Sedangkan dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode obsevasi partisipan, wawacara mendalam dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini mengunakan tehknik reduksi data. Penyajian data, verifikasi dan Uji Keabsahan Data. Hasil penelitian ini adalah : 1. Pemaduan Ilmu-ilmu Rasional dalam Materi PAI di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta bisa dilihat saat proses pembelajaran PAI bahwasanya guru PAI DI SMA IT Abu Bakar telah mengintegrasikan ilmu-ilmu rasional dalam materi PAI, hal ini terbukti ketika guru PAI menjelaskan materi tentang ?imam kepada Allah? guru PAI mengintegrasikannya dengan ilmu geografi tentang ?bencana alam?, dan materi tentang ?Al-Qur?an dan Hadits? diintegrasikan dengan ilmu Matematika tentang ?Penomoran Angkax angka? dan beberapa materi lain yang telah peneliti jelaskan di dalam tesis ini. 2. Keberhasilan integrasi ilmu-ilmu rasional dalam materi PAI di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta proses pembelajaran adalah mampu meningkatkan kreatif siswa, prestasi belajar siswa serta aktif dalam belajar yang peneliti temukan dalam proses belajar mengajar di kelas. Contoh ketika guru PAI memberikan pertanyaan siswa mampu menjawab dengan jawaban yang tepat dan siswa mampu mengungkap gagasan-gagasan dengan luwes dan lancar. Selain itu integrasi juga mampu membuat siswa lebih antusias dalam proses belajar mengajar serta siswa mengaitkan dengan alam sekitar. PB - UIN Sunan Kalijaga KW - materi PAI KW - Implementasi Integrasi KW - Ilmu-ilmu Rasional M1 - masters TI - IMPLEMENTASI INTEGRASI ILMU-ILMU RASIONAL DALAM MATERI PAI DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA AV - restricted EP - 233 ER -