%A 17204030017 Asmidar Parapat %O Dr. Suyadi, M.A. %T PERAN BIMBINGAN KONSELING UNTUK MENUMBUHKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK DI TK ‘ANAKQU’ DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA %X Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti, bahwasanya di TK ‘AnakQu’ Depok Sleman Yogyakarta terdapat beberapa perilaku prososial anak yang belum berkembang. Masa kanak-kanak yang merupakan masa emas karena masa pertumbuhan dan perkembangan pada tahap ini terjadi begitu pesat. Namun masih terbatasnya pengalaman anak untuk memecahkan masalah yang dihadapinya. Menuntut masih memerlukan bantuan orang lain dalam bentuk bimbingan konseling untuk menumbuhkan perilaku prososial anak agar dapat mencapai tugas perkembangannya. Dari gambaran permasalahan di atas, penelitian ini bertjuan untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku prososial anak yang belum berkembang, dan peran bimbingan konseling untuk menumbuhkan perilaku prososial anak di TK ‘AnakQu’ Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif sebagaimana adanya (natural setting). Penelitian ini dilakukan di TK ‘AnakQu’ Depok Sleman Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah konselor, kepala sekolah, dan guru kelas . Teknik Analisis data yang digunakan yaitu mencakup reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Adapun mengecek keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat bentuk perilaku prososial anak yang belum berkembang. Yaitu, (1) terdapat lima orang anak yang tidak mau berbagi, (2) terdapat empat orang anak yang tidak mau bekerja sama, (3) terdapat tiga orang anak yang tidak mau bermain bersama (4), terdapat empat anak yang tidak toleran. Hasil penelitian ini ditujukan kepada anak agar perilaku prososial anak berkembang sesuai yang diharapkan. Selanjutnya kepada orang tua dan guru agar kedepannya menjadi lebih baik lagi dalam gaya mengajar dan pola asuh yang benar untuk menumbuhkan perilaku prososial anak. Sehingga perilaku prososial anak berkembang sesuai harapan berdasarkan tugas-tugas perkembangan anak. %K Pendidikan anak usia dini, bimbingan dan konseling, perilaku prososial, TK AnakQu Depok %D 2019 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib40917