TY - THES N1 - Dr. Sigit Purnama, M.Pd. ID - digilib40990 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40990/ A1 - Nurhakim Rohmatulloh, 16204080036 Y1 - 2019/01/11/ N2 - Pembelajaran matematika di SD Negeri Panjatan menunjukkan hasil yang luar biasa selama delapan tahun berturut-turut, yakni prestasi peserta didik yang berhasil meraih peringkat nasional sejak tahun 2008 dengan rata-rata nilai pada tahun pelajaran 2015/2016 saja, target 279.2 realisasi 267,14. Kreatifitas guru dalam mengantarkan peserta didik mencapai nilai tinggi disertai keberhasilannya menyusun buku-buku prediksi ujian nasional yang digunakan banyak sekolah dasar maupun madrasah ibtidaiyah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal tersebut menarik untuk dilakukan penelitian tentang inovasi guru dalam pembelajaran matematika, dan langkah-langkah yang ditempuhnya. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan inovasi guru dan bagaimana penerapan inovasinya dalam pembelajaran matematika di SD Negeri Panjatan. Diharapkan kiat-kiat guru dalam pembelajaran matematika ini menjadi kontribusi dalam dunia pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah kepala madrasah, guru kelas, dan peserta didik kelas IV-VI. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya, menggunakan reduksi data, penyajian data, teriangulasi dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pertama, inovasi guru dalam pembelajaran matematika di SD Negeri Panjatan melaksanakan pembelajaran dengan inovasi bahan ajar yaitu target menguasai sepuluh kemampuan dasar matematika, inovasi strategi dengan sebutan sarapan pagi perkalian, inovasi media dengan nama warna matematika, dan inovasi evaluasi yaitu klasifikasi kemampuan peserta didik dengan kriteria kemampuan menonjol, cukup menonjol dan kurang menonjol, menggunakan buku-buku hasil karya guru SD Negeri Panjatan. Kedua, penerapan pembelajaran inkuiri, pembelajaran aktif dan pembelajaran kuantum, menjadi model pembelajaran yang menarik karena peserta didik dengan kreasi dan inovasi guru menggunakan cara belajar yang cocok. Ketiga, Faktor yang mendukung inovasi guru dalam pembelajaran matematika di SD Negeri Panjatan yaitu antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran matematika, kebijakan sekolah yang telah ditetapkan dalam kurikulum memberi peluang guru untuk berinovasi, kerjasama yang baik dengan pemangku kepentingan untuk memajukan peserta didik, sarana dan prasarana sekolah yang sudah tersedia. Sedangkan faktor yang menghambat yaitu sikap negatif sebagian peserta didik, dan kurikulum nasional yang selalu berubah. PB - UIN Sunan Kalijaga KW - pembelajaran matematika KW - metode pembelajaran M1 - masters TI - INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI PANJATAN KABUPATEN KULON PROGO AV - restricted EP - 176 ER -