TY - THES N1 - Dr. Nai?mah, M.Hum ID - digilib41052 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41052/ A1 - Indah Apriani, 17204080011 Y1 - 2019/03/06/ N2 - Indah Apriani S.Pd : Pendekatan Komprehensif Dalam Peningkatan Sikap Percaya diri Anak Berkebutuhan Khusus Dikelas Inklusi SD 2 Kretek Bantul Yogyakarta. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiyah. Program Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan adanya pendekatan dalam peningkatan skap percaya diri anak berkebutuhan khusus Selain itu tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengungkap proses implementasi dari pendekatan komprehensif dalam peningkatan sikap percaya diri anak berkebutuhan khusus sehingga anak berkebutuhan khusus tersebut meningkat rasa percaya dirinya dan dapat bersosialisasi di lingkungannya Hal ini disebabkan, terdapat metode untuk meningkatkan sikap percaya diri anak berkebutuhan khusus, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan pedekatan deskriptif kualitatif. Sumber data didalam penelitian ini yaitu dokumen dan arasuber dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observai, dokumentasi dan narasumber. Narasumber dalam penelitian ini terdiri dari informan satu, informan dua dan informan tiga. Kemudian Teknik analisis data didalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, yang diantaranya menyajikan data, validasi data, kemudian penarikan kesimpulan. Triangulasi data dalam penelitian ini didapatkan dari narasumber dan dokumen sehingga menghasilkan satu kesatuan data yang valid. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Pendekatan pembelajaran komprehensif berperan untuk meningkatan sikap percaya diri, dikarenakan dalam pembelajaran komprehensif terdapat metode-metode untuk meningkatkan sikap percaya diri anak berkebutuhan khusus diantaranya pembiasaan, inkulkasi, pemberian teladan dan soft skill. Guru kelas satu menggunakan pendekatan komprehensif dalam pembelajarannya dimana pembelajaran tersebut menggunakan dua metode yaitu tradisional dan kontemporer. Faktor yang mempengaruhi pendekatan pembelajaran komprehensif adalah faktor internal dan ekternal. Faktor internal yaitu kebutuhan Guru pendidikan inklusi masih kurang, idealnya dalam satu sekolah inklusi mempunyai tiga guru pendidikan inklusi dan sarana penunjang layanan pendidikan inklusi yang lengkap agar proses pemelajaran inklusi dapat berjalan dengan maksimal. Faktor eksternal yaitu belum penuhnya dukungan dari pihak pemerintah daerah setempat untuk layanan program pendidikan inklusi ini. Kurangnya guru, sarana dan prasarana dan perhatian dari pemerintah membuat pembelajaran kurang optimal sehingga layanan kepada anak berkebutuhan khusus terasa kurang optimal. Hendaknya ada bantuan tenaga pendidik, sarana dan prasarana untuk sekolah inklusi ini terutama dari pihak pemerintah, agar ketercapaian pembelajaran lebih optimal. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Anak Berkebutuhan Khusus KW - Komprehensif dan Sikap Percaya diri M1 - masters TI - Pendekatan Komprehensif Dalam Peningkatan Sikap Percaya diri Anak Berkebutuhan Khusus Dikelas Inklusi SD 2 Kretek Bantul Yogyakarta AV - restricted EP - 204 ER -