TY - THES N1 - Dr./ Hj. Marhumah, M.Pd ID - digilib41054 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41054/ A1 - SYAHRIZAL AFANDI, 17204010007 Y1 - 2019/03/04/ N2 - Syahrizal Afandi. Model Pendidikan Anak dalam Alquran (Kajian Terhadap Kisah Nabi Ibrahim) Pendidikan tidak hanya menjadi tanggungjawab lembaga pendidikan formal, bahkan yang lebih urgen pendidikan yang sesungguhnya adalah pendidikan dalam keluarga, pertanyaannya bagaimanakah pendidikan dalam keluarga menurut pandangan Islam yang bersumber dari Alquran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh buku-buku pendidikan anak yang bersumber dari kisahkisah keluarga dalam Alquran. Latar belakang tersebut mendorong penulis untuk meneliti, menemukan dan menganalisis model pendidikan keluarga dalam kisah nabi Ibrahim dalam Alquran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui sejarah keluarga nabi Ibrahim, 2) mengetahui tafsir ayat-ayat berdimensi pendidikan dalam kisah nabi Ibrahim, 3) menemukan model pendidikan anak dalam kisah nabi Ibrahim. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, dengan pendekatakan tematik. Sedangkan data yang diperoleh adalah dengan mengkaji tafsir ayat-ayat tentang kisah nabi Ibrahim dalam Alquran. Ayat-ayat tersebut kemudian disesuaikan dan selanjutnya dianalisis dengan model analisis tematik. Dari hasil penelitian tersebut peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa model pendidikan keluarga yang diterapkan nabi Ibrahim dalam Alquran adalah dengan menggunakan model pendidikan prenatal dan model pendidikan postnatal. Pendidikan prenatal adalah usaha sadar orang tua (suami istri) untuk mendidik anaknya yang masih dalam kandungan istri. Sedangkan pendidikan postnatal adalah usaha sadar orang tua (suami istri) untuk memberikan pendidikan ketika anaknya telah dilahirkan kedunia. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pendidikan keluarga KW - Ibrahim KW - model prenatal KW - model postnatal M1 - masters TI - MODEL PENDIDIKAN ANAK DALAM ALQURAN (Kajian Terhadap Kisah Nabi Ibrahim) AV - restricted EP - 282 ER -