<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MANAJEMEN SEKOLAH TERINTEGRASI PROGRAM\r\nPENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK)\r\nDI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 KOTA YOGYAKARTA"^^ . "Atika. Manajemen Sekolah Terintegrasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di\r\nSD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Kota Yogyakarta. Tesis. Program Magister Pendidikan\r\nAgama Islam Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan\r\nKeguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2019.\r\nPenguatan Pendidikan Karakter (PPK) lahir dari adanya gerakan nasional\r\npendidikan karakter yang sejak tahun 2010 masih belum berhasil mengantarkan generasi\r\nbangsa menjadi pribadi yang memiliki tingkat karakter yang baik. Dunia pendidikan\r\nIndonesia masih diwarnai oleh berbagai penyakit sosial terutama bullying dan physical\r\nfight and attacks. Implementasi kebijakan PPK diharapkan mampu mengurangi krisis\r\nmoral siswa dan meningkatkan kualitas karakter siswa. Sekolah pilot project PPK juga\r\ndiharapkan dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lainnya untuk turut serta\r\nmelaksanakan kebijakan PPK.\r\nKajian manajemen sekolah terintegrasi PPK di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3\r\nKota Yogyakarta bertujuan untuk mengetahui (1) kegiatan pendidikan karakter di sekolah\r\npilot project PPK, (2) pengelolaan sekolah yang terintegrasi program PPK, dan (3)\r\nimplikasi program PPK bagi SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Kota Yogyakarta.\r\nPenelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data\r\ndikumpulkan melalui: (1) dokumentasi, (2) observasi, (3) wawancara mendalam dengan\r\nkepala sekolah, ketua bidang, dan guru kelas. validasi data dengan triangulasi teknik dan\r\nsumber serta menggunakan analisis data interaktif.\r\nHasil penelitian menunjukkan: Pertama, penunjukan SD Muhammadiyah menjadi\r\nsekolah pilot project PPK merupakan apresiasi pemerintah terhadap beragam kegiatan\r\npendidikan karakter di sekolah dengan tiga program khusus PPK yang tergabung dalam\r\nKelompok Karakter, yaitu Polisi Cilik/PKS (Polisi Ketertiban Sekolah), Dokter Cilik, dan\r\nPustakawan Cilik. Sekolah memiliki potensi dan keunikan yang relevan dengan PPK\r\nseperti sekolah adiwiyata dan budaya hidup Islami. Kedua, pengelolaan sekolah\r\nberintegrasi dengan pendidikan karakter dengan mengimplementasikan fungsi manajemen\r\nGeorge R. Terry, yaitu perencanaan yang sistemik-integratif, pengorganisasian terstruktur,\r\npelaksanaan dengan integrasi PPK pada kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan\r\nekstrakurikuler melalui program PPK basis kelas, program PPK basis budaya hidup Islami\r\ndan program PPK basis masyarakat, dan pengawasan dengan pola koordinasi dan evaluasi\r\nterstruktur. Proses evaluasi dan monitoring program PPK masih terbatas pada kurikulum\r\ndan dilakukan melalui pembinaan pengawas di sekolah. Kendala yang umum dihadapi\r\nsekolah adalah penilaian sikap siswa yang belum terdokumentasi, kurangnya pemahaman\r\nguru untuk mengimplementasikan pendidikan karakter melalui kegiatan di kelas dan masih\r\nkurangnya dukungan dari pemerintah dalam sosialisasi atau pelatihan bagi pengelola\r\nsekolah. Ketiga, program PPK berimplikasi pada tiga hal, yaitu kebijakan sekolah berupa\r\nkurikulum berbasis karakter, sistem manajemen pendidikan karakter yang sistemikintegratif,\r\ndan kualitas siswa yang berkarakter excellent academic dan religious awareness.\r\nPraksis PPK bagi siswa SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Kota Yogyakarta sudah menjadi\r\npembiasaan dan penanaman karakter yang dilakukan secara konsisten secara bertahap\r\nterinternalisasi dalam diri siswa. Implementasi program PPK di sekolah juga meningkatkan\r\nbrand sekolah sebagai “sekolah karakter” yang berkomitment membentuk siswa menjadi\r\ngenerasi milenial cerdas dan berkarakter menuju generasi emas 2045."^^ . "2019-05-24" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM(S-2) MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 17204010009"^^ . "Atika, S.Pd.I"^^ . "NIM. 17204010009 Atika, S.Pd.I"^^ . . . . . . "MANAJEMEN SEKOLAH TERINTEGRASI PROGRAM\r\nPENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK)\r\nDI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 KOTA YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "17204010009_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "MANAJEMEN SEKOLAH TERINTEGRASI PROGRAM\r\nPENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK)\r\nDI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 KOTA YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "MANAJEMEN SEKOLAH TERINTEGRASI PROGRAM\r\nPENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK)\r\nDI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 KOTA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "MANAJEMEN SEKOLAH TERINTEGRASI PROGRAM\r\nPENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK)\r\nDI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 KOTA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "MANAJEMEN SEKOLAH TERINTEGRASI PROGRAM\r\nPENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK)\r\nDI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 KOTA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "MANAJEMEN SEKOLAH TERINTEGRASI PROGRAM\r\nPENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK)\r\nDI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 KOTA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "MANAJEMEN SEKOLAH TERINTEGRASI PROGRAM\r\nPENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK)\r\nDI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 KOTA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "MANAJEMEN SEKOLAH TERINTEGRASI PROGRAM\r\nPENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK)\r\nDI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 KOTA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "MANAJEMEN SEKOLAH TERINTEGRASI PROGRAM\r\nPENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK)\r\nDI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 KOTA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "MANAJEMEN SEKOLAH TERINTEGRASI PROGRAM\r\nPENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK)\r\nDI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 KOTA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #41055 \n\nMANAJEMEN SEKOLAH TERINTEGRASI PROGRAM \nPENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) \nDI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 KOTA YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Kependidikan Islam"@id . .