<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERAN KURIKULUM INKLUSIF TERHADAP SIKAP TOLERANSI\r\nPESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD TAMAN MUDA\r\nIBU PAWIYATAN TAMAN SISWA YOGYAKARTA"^^ . "Ayuningtias Yarun, NIM. 17204010066. Peran Kurikulum Inklusif Terhadap\r\nSikap Toleransi Peserta Didik pada Pembelajaran PAI di SD Taman Muda Ibu\r\nPawiyatan Taman Siswa Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta: Program Magister\r\nFakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga\r\nYogyakarta. 2019.\r\nPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kurikulum inklusif menjadi solusi bagi Anak\r\nBerkebutuhan Khusus untuk melanjutkan pendidikan tanpa harus merasa kurang\r\npercaya diri ketika harus berkumpul dengan mereka yang memiliki fisik formal.\r\nPenelitian ini difokuskan pada peran kurikulum inklusif terhadap sikap toleransi\r\npeserta didik pada pembelajaran PAI di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Taman\r\nSiswa Yogyakarta. Ada tiga sub fokus dalam penelitian ini, yaitu peran kurikulum\r\ninklusif pada proses pembelajaran PAI, sikap toleransi peserta didik pada\r\npembelajaran PAI dan faktor pendukung dan penghambat kurikulum inklusif\r\nterhadap sikap toleransi peserta didik pada pembelajaran PAI di SD Taman Muda\r\nIbu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta.\r\nJenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan\r\nanalisis deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah 12 peserta didik kelas I, II,\r\nIII, IV, V,VI guru pendidikan Agama Islam, guru inklusif, kepala sekolah, dan\r\nkepala sekolah bagian kurikulum.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan, bahwa (1) Peran Kurikulum inklusif pada proses\r\npembelajaran PAI sangat berpengaruh pada pelaksanaan pembelajaran khususnya\r\npeserta didik berkebutuhan khusus, karena pelaksanaan kurikulumnya menitik\r\nberatkan pada kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus. (2) Sikap toleransi\r\npeserta didik pada pembelajaran PAI dapat diketahui partisipasi peserta didik\r\nregular dalam proses belajar mengajar. Sekolah telah menetapkan kurikulum\r\ninklusif yang terintegrasi ke dalam kurikulum 13, peserta didik berkebutuhan\r\nkhusus mengikuti materi yang diajarkan secara seksama tanpa adanya keluhan\r\ntetapi penyesuaian meskipun pada kenyataannya jawaban peserta didik tidak sebaik\r\ndengan yang regular. Namun, disitulah letak toleransi yang di temukan di SD\r\nTaman Muda Ibu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta yaitu penerimaan dan\r\nkesadaran di dalam kelas antar peserta didik, tidak adanya pemaksaan peserta didik\r\nharus bisa secara intelektual, lebih pada aspek sosial. (3) Faktor pendukung dan\r\npenghambat peran kurikulum inklusif terhadap sikap toleransi peserta didik pada\r\npembelajaran PAI adalah dengan menjadikan fleksibilitas kurikulum yang dapat\r\nmengikuti perubahan dan kondisi peseta didik adalah faktor utama pendukung\r\nkurikulum inklusif. Khususnya dalam proses pembelajaran PAI untuk mengetahui\r\nperanan kurikulum inklusif dari penentuan metode, strategi, media pembelajaran\r\napa yang dipilih yang dapat diterima oleh peserta didik berkebutuhan khusus."^^ . "2019-05-13" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN: PENDIDIIKAN AGAMA ISLAM (S2), UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "17204010066"^^ . "AYUNINGTIAS YARUN"^^ . "17204010066 AYUNINGTIAS YARUN"^^ . . . . . . "PERAN KURIKULUM INKLUSIF TERHADAP SIKAP TOLERANSI\r\nPESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD TAMAN MUDA\r\nIBU PAWIYATAN TAMAN SISWA YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "17204010066_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PERAN KURIKULUM INKLUSIF TERHADAP SIKAP TOLERANSI\r\nPESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD TAMAN MUDA\r\nIBU PAWIYATAN TAMAN SISWA YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "PERAN KURIKULUM INKLUSIF TERHADAP SIKAP TOLERANSI\r\nPESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD TAMAN MUDA\r\nIBU PAWIYATAN TAMAN SISWA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERAN KURIKULUM INKLUSIF TERHADAP SIKAP TOLERANSI\r\nPESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD TAMAN MUDA\r\nIBU PAWIYATAN TAMAN SISWA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERAN KURIKULUM INKLUSIF TERHADAP SIKAP TOLERANSI\r\nPESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD TAMAN MUDA\r\nIBU PAWIYATAN TAMAN SISWA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERAN KURIKULUM INKLUSIF TERHADAP SIKAP TOLERANSI\r\nPESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD TAMAN MUDA\r\nIBU PAWIYATAN TAMAN SISWA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERAN KURIKULUM INKLUSIF TERHADAP SIKAP TOLERANSI\r\nPESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD TAMAN MUDA\r\nIBU PAWIYATAN TAMAN SISWA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PERAN KURIKULUM INKLUSIF TERHADAP SIKAP TOLERANSI\r\nPESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD TAMAN MUDA\r\nIBU PAWIYATAN TAMAN SISWA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PERAN KURIKULUM INKLUSIF TERHADAP SIKAP TOLERANSI\r\nPESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD TAMAN MUDA\r\nIBU PAWIYATAN TAMAN SISWA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PERAN KURIKULUM INKLUSIF TERHADAP SIKAP TOLERANSI\r\nPESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD TAMAN MUDA\r\nIBU PAWIYATAN TAMAN SISWA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #41084 \n\nPERAN KURIKULUM INKLUSIF TERHADAP SIKAP TOLERANSI \nPESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD TAMAN MUDA \nIBU PAWIYATAN TAMAN SISWA YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .