eprintid: 411 rev_number: 5 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/04/11 datestamp: 2013-04-15 09:43:27 lastmod: 2013-04-15 09:43:46 status_changed: 2012-05-04 16:38:39 type: article metadata_visibility: show creators_name: RADJASA MUTASIM , title: PENDIDIKAN ETIKA LINGKUNGAN HIDUP ORIENTASI KE ARAH PENDIDIKAN YANG HOLISTIK ispublished: pub subjects: jur_alj divisions: ejour full_text_status: public keywords: Pendidikan, tika, Lingkungan Hidup, Hoistik abstract: b Dalam KTT Bumi di Rio De Jenairo pada Juni 1992, dihasilkan beberapa kesepakatan penting yang salah satu diantaranya , yang relevan dengan makalah ini adalah sebuah kerangka kerja yang diperuntukkan bagi mkasyarakat internasional, disebut dengan AGENDA 21. Rencana kerja ini bertujuan untuk mencapai pembangunan berkelanjutan pada abad mendatang. Salah satu program dari AGENDA 21 yang sangat penting untuk diperhatikan adalah program pendidikan lingkungan hidup, yang di dalamnya tercakup tiga hal penting (Bab 36 AGENDA 21) yakni: (a). Mereorientasi pendidikan ke arah pembangunan berkelanjutan, (b). Meningkatkan kesadaran masyarakat akan perlunya menjaga kelestarian lingkungan hidup, dan (c). Meningkatkan latihan. Program-program ini sesungguhnya merupakan tindak lanjut dari deklarasi dan rekomendasi Konferensi Tbilisi yang diselenggarakan UNESCO dan UNEP pada tahun 1977 yang lalu, yang menegaskan perlunya memperhatikan dunia pendidikan dalam upaya menyelamatkan lingkungan hidup. Program ini mereorientasi pendidikan sebagaimana diagendakan untuk masyarakat internasional oleh KTT Bumi tersebut, sesungguhnya mengisyaratkan adanya ketidakberesan dunia pendidikan yang bersifat global. Yang pada gilirannya telah mengakibatkan dunia pendidikan tidak bisa lagi diharapkan kontribusinya dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup. Bahkan sebaliknya, pendidikan telah menggelinding sedemikian rupa sehingga memiliki andil yang cukup besar terhadap kerusakan-kerusakan yang terjadi di muka bumi. mengapa? karena pendidikan dengan orientasinya yang dipegangi selama ini, justru menghasilkan kulaitas manusia yang bersikap eksploratif pada alam dan seisinya dan sedikit menghasilkan kualitas manusia yang memilki tanggung jawab dan bersikap etis terhadap lingkungan hidupnya. date: 2008-06-25 publication: /Jurnal/Al-Jamiah/Al-Jamiah No. 54 Th. 1994/ publisher: Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2008-06-25 16:56:24 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--radjasamut-348-1-tasim-p-k.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/7/digilib-uinsuka--radjasamut-348-1-tasim-p-k.pdf ; url download server lama : /download.php?id=459 ; nama file lama : tasim- PENDIDIKAN ETIKA LINGKUNGAN HIDUP ; Orientasi ke arah Pendidikan yang Holistik.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2399724 ; Copyright (c) 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: RADJASA MUTASIM , (2008) PENDIDIKAN ETIKA LINGKUNGAN HIDUP ORIENTASI KE ARAH PENDIDIKAN YANG HOLISTIK. /Jurnal/Al-Jamiah/Al-Jamiah No. 54 Th. 1994/. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/411/1/04.%20Radjasa%20Mu%27tasim-%20PENDIDIKAN%20ETIKA%20LINGKUNGAN%20%20HIDUP%20%3B%20%20Orientasi%20ke%20arah%20%20Pendidikan%20yang%20Holistik.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/411/2/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/411/3/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/411/4/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/411/5/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/411/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/411/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/411/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/411/10/small.jpg