<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "NILAI-NILAI KEISLAMAN BUDAYA\r\nKARATON NGAYOGYAKARTA HADININGRAT\r\n(PERSPEKTIF ANTROPOLOGI PENDIDIKAN ISLAM)"^^ . "SITI FATIMAH, NIM 17204010101. Nilai-nilai Keislaman Budaya Karaton\r\nNgayogyakarta Hadiningrat (Perspektif Antropologi Pendidikan Islam). Tesis,\r\nYogyakarta: Program Magister UIN Sunan Kalijaga, 2019.\r\nPenelitian ini dilatarbelakangi oleh derasnya paham Barat seperti\r\nmodernisasi, liberalisasi, demokrasi, radikalisme, terorisme, dan paham lainnya\r\nyang dapat mengakibatkan pendiskriminasian terhadap nilai- nilai budaya lokal\r\nkhususnya nilai religius yang masih dianggap mengandung unsur kesyirikan.\r\nSehingga, Perlu adanya pemahaman terkait peninggalan sejarah berupa tradisi\r\nmaupun artefak yang memuat filosofi atau idiom-idiom yang berkaitan dengan\r\nnilai-nilai keislaman, dengan upaya tersebut akan menjadi tambahan wawasan\r\nbagi masyarakat awam agar lebih menghargai budaya lokal Karaton\r\nNgayogyakarta.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk menjelaskan internalisasi nilai-nilai\r\nkeislaman budaya Karaton Ngayogyakarta meliputi gagasan, aktivitas, dan\r\nhasil karya budaya Karaton Ngayogyakarta melalui Perspektif Antropologi\r\nPendidikan Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field\r\nresearch) dengan menggunakan kajian analisis kualitatif dan pendekatan\r\nkeilmuan antropologi pendidikan Islam. Sumber data adalah penghageng dan\r\nabdi dalem Karaton Ngayogyakarta. Pengumpulan data melalui observasi non\r\npartisipan, dokumentasi, dan wawancara.\r\nHasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Internalisasi nilai-nilai Islam\r\ndalam gagasan kebudayaan Karaton Ngayogyakarta ditunjukkan melalui\r\npenjabaran gelar kebangsawanan Sultan yang memiliki konsep kepemimpinan\r\nprophetic leader dan tanggungjawab Sultan untuk memberikan kesejahteraan\r\ndan keayoman bagi rakyat. Sedangkan gagasan/ konsep garis imajiner\r\nYogyakarta menunjukkan representasi kehidupan manusia untuk tunduk\r\nkepada Allah dan menjaga makhluk ciptaan Allah yang lainnya. Dari wujud\r\ngagasan tersebut menunjukkan penanaman nilai-nilai Islam yang ditinjau dari\r\nnilai ilahiyah dan nilai insaniyah. 2) Internalisasi nilai-nilai Islam dalam\r\naktivitas kebudayaan Karaton Ngayogyakarta ditunjukkan melalui nilai- nilai\r\nIslam dalam tradisi Garebeg sebagai upacara penghormatan pada Kanjeng\r\nNabi Muhammad SAW untuk bisa mendapatkan syafaat di hari akhir melalui\r\nupacara yang dilakukan dengan cara berbagi makanan kepada rakyat dengan\r\nmaksud Sultan memberikan sedekah kepada rakyat. Sedangkan dalam tradisi\r\nlabuhan merupakan bentuk sedekah bumi sebagai perwujudan nilai insaniyah\r\ndengan melarungkan makanan hasil panen ke laut sebagai wujud syukur. 3)\r\nInternalisasi nilai-nilai Islam pada hasil karya kebudayaan Karaton\r\nNgayogyakarta yang ditinjau melalui bangunan karaton, tanaman- tanaman\r\nyang berada di sekitar karaton, dan tata letak Karaton Ngayogyakarta. Dari\r\nwujud hasil karya kebudayaan karaton menanamkan aspek nilai ilahiyah\r\nbahwa selalu mengagungkan Allah sebagai Tuhan Yang Maha Esa dan\r\nmengingatkan kepada manusia bahwa kehidupan di dunia akan dihadapkan\r\ndengan berbagai ujian kehidupan. Selain itu ditanamkan pula nilai insaniyah\r\ndengan menjadi makhluk yang bermanfaat untuk makhluk lainnya dan\r\nsenantiasa melakukan amalan kebaikan."^^ . "2019-05-07" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM(S2):PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "17204010101"^^ . "Siti Fatimah"^^ . "17204010101 Siti Fatimah"^^ . . . . . . "NILAI-NILAI KEISLAMAN BUDAYA\r\nKARATON NGAYOGYAKARTA HADININGRAT\r\n(PERSPEKTIF ANTROPOLOGI PENDIDIKAN ISLAM) (Text)"^^ . . . . . "BAB Awal_I_IV.pdf"^^ . . . "NILAI-NILAI KEISLAMAN BUDAYA\r\nKARATON NGAYOGYAKARTA HADININGRAT\r\n(PERSPEKTIF ANTROPOLOGI PENDIDIKAN ISLAM) (Text)"^^ . . . . . "NILAI-NILAI KEISLAMAN BUDAYA\r\nKARATON NGAYOGYAKARTA HADININGRAT\r\n(PERSPEKTIF ANTROPOLOGI PENDIDIKAN ISLAM) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "NILAI-NILAI KEISLAMAN BUDAYA\r\nKARATON NGAYOGYAKARTA HADININGRAT\r\n(PERSPEKTIF ANTROPOLOGI PENDIDIKAN ISLAM) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "NILAI-NILAI KEISLAMAN BUDAYA\r\nKARATON NGAYOGYAKARTA HADININGRAT\r\n(PERSPEKTIF ANTROPOLOGI PENDIDIKAN ISLAM) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "NILAI-NILAI KEISLAMAN BUDAYA\r\nKARATON NGAYOGYAKARTA HADININGRAT\r\n(PERSPEKTIF ANTROPOLOGI PENDIDIKAN ISLAM) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "NILAI-NILAI KEISLAMAN BUDAYA\r\nKARATON NGAYOGYAKARTA HADININGRAT\r\n(PERSPEKTIF ANTROPOLOGI PENDIDIKAN ISLAM) (Other)"^^ . . . . . . "NILAI-NILAI KEISLAMAN BUDAYA\r\nKARATON NGAYOGYAKARTA HADININGRAT\r\n(PERSPEKTIF ANTROPOLOGI PENDIDIKAN ISLAM) (Other)"^^ . . . . . . "NILAI-NILAI KEISLAMAN BUDAYA\r\nKARATON NGAYOGYAKARTA HADININGRAT\r\n(PERSPEKTIF ANTROPOLOGI PENDIDIKAN ISLAM) (Other)"^^ . . . . . . "NILAI-NILAI KEISLAMAN BUDAYA\r\nKARATON NGAYOGYAKARTA HADININGRAT\r\n(PERSPEKTIF ANTROPOLOGI PENDIDIKAN ISLAM) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #41120 \n\nNILAI-NILAI KEISLAMAN BUDAYA \nKARATON NGAYOGYAKARTA HADININGRAT \n(PERSPEKTIF ANTROPOLOGI PENDIDIKAN ISLAM)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .