%A NIM. 1430016015 Hafidz %O Prof. Dr. Abd.Rachman Assegaf, M.Ag %T TINJAUAN KOMPARATIF PENDIDIKAN KELUARGA (Telaah Pemikiran Muhammad Thalib dan Abdullah Nasih Ulwan) %X Pendidikan keluarga pemikiran Thalib dan Ulwan mempunyai pesamaan mewujudkan fitrah manusia pada potensi yang paling sempurna dengan proses yang bertahap, serta tidak bertentangan dengan sumber-sumber hukum Islam. Permasalahannya, walaupun sebagian besar anggota keluarga mengenyam pendidikan baik formal maupun informal (keluarga), faktanya problem tetap terjadi semisal geng klithih, perselingkuhan, pergaulan bebas, dan lain sebagainya. Hal tersebut dipicu nilai moral yang rendah dan minimnya pemahaman agama dalam keluarga. Maka pendidikan keluarga dinilai sangat vital untuk menjadikan akhlak menjadi lebih baik. Kekhasan yang berbeda antara Thalib dan Ulwan dilatarbelakangi oleh perbedaan tempat, situasi, kondisi, budaya, politik dan jaman. Akan tetapi dengan manhaj yang sama (tarbiyah) maka dua tokoh pendidikan keluarga ini mempunyai pengaruh yang cukup besar di Indonesia. Karya keduanya yaitu Ensiklopedi Keluarga Sakinah dan Tarbiyatul Aulad Fil Islam menjadi rujukan kajian ilmiah baik jurnal, skripsi, tesis, maupun disertasi. Hal tersebut menunjukkan penerimaan publik akademik terhadap pemikiran keduanya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan analisis kritis serta deskripsi tentang tinjauan komparatif pendidikan keluarga, telaah pemikiran Muhammad Thalib dan Abdullah Nasih Ulwan dan juga menggali kendala yang mungkin akan dihadapi. Dengan sub fokus mencakup: (1) pemikiran pendidikan keluarga Muhammad Thalib, (2) pemikiran pendidikan keluarga Abdullah Nasih Ulwan, dan (3) komparasi pemikiran keduanya dalam bidang pendidikan keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggali sumber-sumber kepustakaan yang dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara serta menggali data primer dan sekunder. Teknik analisis data dilakukan dengan lima tahap yaitu (1) Menentukan permasalahan, (2) Menyusun kerangka pemikiran, (3) Menyusun perangkat metodologi, (4) Analisis data, (5) Interpretasi data. Metode tersebut dimaksudkan dapat menganalisis seluruh pembahasan tentang pemikiran Muhammad Thalib dan Abdullah Nasih Ulwan mengenai konsep pendidikan keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemikiran pendidikan keluarga Thalib dan Ulwan dilatarbelakangi dari manhaj yang sama yaitu tarbiyah namun realita situasi, kondisi, lokasi, dan waktu membuatnya berbeda dalam implementasi dan kontekstualisasinya. Kekuatan pemikiran Muhammad Thalib berusaha mengikuti alur jaman dan menciptakan metode pendidikan keluarga yang bersifat kekinian, sedang Ulwan masih tampak rigid dalam metode dan penerapannya. (2) Manhaj tarbiyah Thalib dan Ulwan mengarah pada konsep puritan teologis yang sekaligus mempunyai kontribusi besar terhadap pengembangan pendidikan keluarga di Indonesia, menjadi rujukan dalam berbagai kajian ilmiah dan diskusi akademik pendidikan keluarga. %K Muhammad Thalib, Abdullah Nasih Ulwan, Pendidikan Keluarga %D 2020 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib41124