<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "METODE PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI\r\n(Studi Komparasi Pemikiran Zakiah Daradjat Dan Thomas Lickona)"^^ . "METODE PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI\r\n(Studi Komparasi Pemikiran Zakiah Daradjat Dan Thomas Lickona)\r\nOleh\r\nAulia Rahma\r\nMetode pendidikan karakter anak usia dini adalah cara-cara untuk\r\nmendidik anak usia dini agar memiliki karakter yang baik serta dan\r\nmengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Adapun penelitian ini\r\ndilatar belakangin oleh adanya sebuah tantangan besar yang harus\r\ndihadapi pendidikan anak usia dini (PAUD) yaitu, bagaimana cara\r\nmendidik anak usia dini agar segala potensi yang ada dalam standar\r\nperkembangan anak usia dini dapat berkembang sebagaimana mestinya,\r\nyang mana perkembangan moral/karakter menjadi satu diantaranya dan\r\nmenjadi urutan pertama yang harus dikembangkan. Adapun salah satu\r\ncara/metode harus dilakukan oleh pendidik yaitu menciptakan hubungan\r\natau interaksi yang baik dengan anak. karena kualitas interaksi ini sangat\r\nmempengaruhi perkembangan karakter anak. Namun pada kenyataannya\r\ntidak sedikit interaksi yang terjadi antara pendidik dengan anak justru\r\nmembuat anak tertekan. Hal ini dikarenakan penggunaan cara/metode\r\nyang salah, seperti (1) melarang anak menangis; (2) membeda-bedakan\r\nanak; (3) labeling pada anak, contoh “anak pemalas”; (3) terlalu sering\r\nmelarang. Maka dari itu, penelitan ini akan kajian secara teorotis tentang\r\nmetode pendidikan karakter anak usia dini. Hal ini bertujuan agar para\r\npendidik baik itu orang tua maupun guru memperoleh pemahaman yang\r\nlebih mendalam mengenai metode dalam pendidikan karakter anak usia\r\ndini.\r\nAdapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini\r\nadalah library research yaitu penelitian yang yaitu jenis penelitian yang\r\nmembatasi kegiatannya pada bahan-bahan koleksi perpustakaan tanpa\r\nperlu melakukan riset lapangan. Dalam hal ini peneliti merujuk pasa\r\npemikran Zakiah Daradjat dan Thomas Lickona yang merupakan tokoh\r\npenggagas pendidikan karakter. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui\r\npemikiran keduanya tentang metode pendidikan karakter anak usia dini\r\nyang kemudian akan dianalisis dengan membandingkan pemikiran\r\nkeduanya. Adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data\r\nprimer (pokok) dan data sekunder (penunjang atau pendukung data\r\nprimer). Selanjutnya, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan komparatif.Dari hasil penelitian diketahui bahwa, pemikiran metode\r\npendidikan karakter anak usia dini Zakiah Darajat meliputi, (1)\r\npembentukan karakter anak sebelum lahir yaitu, pembentukan karakter\r\nmelalui pemilihan pasangan dan pembenutukan karakter anak dalam\r\nkandungan, (2) pembentukan karakter anak setelah lahir yaitu, melalui\r\nlingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Adapun beberapa metode\r\nyang dikemukakan seperti membentuk karakter melalui contoh/teladan\r\nyang baik, pembinaan mental, mengadakan penyaringan terhadap\r\nkebudayaan asing, meningkatkan pendidikan agama, dan lain sebagainya.\r\nSedangkan metode pembentukan karakter anak usia dini menurut Thomas\r\nLickona terbagi dala tiga bagian yaitu: (1) metode pembentukan karakter\r\nanak dalam keluarga, seperti mengajarkan kepada anak dengan memberi\r\ncontoh perilaku yang baik, menggunakan pengajaran langsung untuk\r\nmembentuk hati nurani dan kebiasaan, mengajarkan keputusan yang baik,\r\ndan lain sebagainya; (2) metode pembentukan karakter anak dalam\r\nsekolah, yaitu dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk\r\nmempraktikkan kebajikan, melibatkan seluruh komunitas sekolah dalam\r\nmendorong; karakter yang baik, membangun komunitas moral dalam\r\nkelas, dan lain sebagainya. (3) metode pembentukan karakter anak dalam\r\nmasyarakat, seperti mengintegrasikan karakter dalam seluruh program\r\nkomunitas yang ada di masyarakat, menciptakan kelompok\r\nkepemimpinan, adanya kebijakan dari pemerintah seperti, adanya cuti\r\nuntuk para orang tua yang bertujuan agar terbentuknya ikatan batin atara\r\norang tua dan anak, dan lain sebagainya. Pemikiran keduanya memiliki\r\nkarakteristik masing-masing serta memiliki persamaan dan perbedaan.\r\nNamun, dengan adanya perbedaan corak pemikian dari keduanya bisa\r\ndikolaborasikan untuk melahirkan sebuah konsep baru yaitu tidak hanya\r\nmenyiapkan generasi yang memiliki karakter baik, namun juga dilengkapi\r\ndengan karakter-karakter Islami."^^ . "2019-05-14" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN:PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (S2), UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "17204030010"^^ . "AuliaRahma"^^ . "17204030010 AuliaRahma"^^ . . . . . . "METODE PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI\r\n(Studi Komparasi Pemikiran Zakiah Daradjat Dan Thomas Lickona) (Text)"^^ . . . . . "17204030010_BAB-I_IV.pdf"^^ . . . "METODE PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI\r\n(Studi Komparasi Pemikiran Zakiah Daradjat Dan Thomas Lickona) (Text)"^^ . . . . . "METODE PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI\r\n(Studi Komparasi Pemikiran Zakiah Daradjat Dan Thomas Lickona) (Other)"^^ . . . . . . "METODE PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI\r\n(Studi Komparasi Pemikiran Zakiah Daradjat Dan Thomas Lickona) (Other)"^^ . . . . . . "METODE PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI\r\n(Studi Komparasi Pemikiran Zakiah Daradjat Dan Thomas Lickona) (Other)"^^ . . . . . . "METODE PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI\r\n(Studi Komparasi Pemikiran Zakiah Daradjat Dan Thomas Lickona) (Other)"^^ . . . . . . "METODE PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI\r\n(Studi Komparasi Pemikiran Zakiah Daradjat Dan Thomas Lickona) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "METODE PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI\r\n(Studi Komparasi Pemikiran Zakiah Daradjat Dan Thomas Lickona) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "METODE PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI\r\n(Studi Komparasi Pemikiran Zakiah Daradjat Dan Thomas Lickona) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "METODE PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI\r\n(Studi Komparasi Pemikiran Zakiah Daradjat Dan Thomas Lickona) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #41146 \n\nMETODE PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI \n(Studi Komparasi Pemikiran Zakiah Daradjat Dan Thomas Lickona)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)" . .