eprintid: 41189 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12252 dir: disk0/00/04/11/89 datestamp: 2020-11-18 06:47:18 lastmod: 2020-11-18 06:55:06 status_changed: 2020-11-18 06:47:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fitratul Isma, NIM : 17204080026 title: ADAPTASI ANAK RETARDASI MENTAL DALAM PEMBELAJARAN KELAS INKLUSIF DI MI MA’ARIF KEJI UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG ispublished: unpub subjects: in_klusif divisions: jur_pgmi2 full_text_status: restricted keywords: Adaptasi, Retardasi Mental note: Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana adaptasi anak retradasi mental dalam pembelajaran Kelas Inklusif di MI Ma’arif Keji dan Mengetahui penanganan yang dilakukan oleg guru pendamping dalam membina anak retardasi mental melalui pembelajaran kelas inklusif dalam proses adaptasi di MI Ma’arif Keji kabupaten Semarang Jenis penelitian ini adalah Peneletian Kualitatif jenis Studi Kasus. Subjek dalam penelitian adalah kepala sekolah, wali kelas III, guru pendamping khusus, orangtua peserta didik yang berkesulitan belajar, dan peserta didik berkesulitan belajar. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi yang dimulai dari reduksi data, penyajian data sampai pada penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses adaptasi diantaranya proses adaptif dan maldatif, dan proses ini dapat dilihat dari kematangan emosional, kematangan intelektual, kematangan social, tanggung jawab terbukti pada subjek ditunjukkan pada saat anak melihat teman bermain masih ikut bermain, dan ketika mendapat tekanan, anak masih mempunyai pandangan yang obyektif dengan bersikap baik tidak main hakim sendiri. Walaupun masih ada subjek yang masih kurang dalam hal persepsi, ketika melihat temannya bermain sangat pasif. Kemampuan- kemampuan subjek untuk mengekspresikan perasaannya masih cukup bagus karena masih termasuk anak yang bisa mengontrol emosinya ketika sedang marah. Sedangkan subjek yang terdapat dalam proses maldatif, ia akan sulit mengontrol emosi dan marah, berteriak, bahkan memukul. Untuk mempunyai kemampuan social yang baik terlihat pada waktu temannya menyukai dan merasa senang bergaul bersama diapun membalas sebaliknya dengan kebaikan dan bagaimana dia memperlakukan teman yang menyukai itu dengan perlakuan baik pula. Guru pendamping dalam proses adaptasi memiliki beberapa peran diantaranya, pendamping, pembimbing, suri tauladan yang baik (uswatun hasanah), motivator, fasilitator. date: 2019-05-27 date_type: published pages: 215 institution: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN SunanKalijaga thesis_type: masters thesis_name: other citation: Fitratul Isma, NIM : 17204080026 (2019) ADAPTASI ANAK RETARDASI MENTAL DALAM PEMBELAJARAN KELAS INKLUSIF DI MI MA’ARIF KEJI UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41189/1/17204080026_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41189/2/17204080026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf