relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41215/ title: ANALISIS PEMETAAN METODOLOGI PENELITIAN PADA SKRIPSI MAHASISWA LULUSAN 2015-2019 S1 PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) FITK UIN SUNAN KALIJAGA creator: NIDHIA FIRDHA KURNIASIH, NIM: 17204080012 subject: Penelitian - Metode subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah description: Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesenjangan mahasiswa S1 PGMI di dalam menyelesaikan skripsi. Terlihat dari lemahnya kemampuan, sosial, komunikasi, malas, bosan, mahasiswa S1 PGMI. Disini terlihat ketika mahasiswa S1 bersosialisasi tidak baik antara mahasiswa dengan dosen, mahasiswa antara mahasiswa mengakibatkan adanya kecendrungan dalam menyelesaikan skripsi. Penelitian ini difokuskan pada pemetaan metodologi penelitian yang sering digunakan mahasiswa S1 PGMI dalam menyelesaikan skripsinya. Ada dua sub fokus dalam penelitian ini, yaitu kecendrungan pemilihan metodologi penelitian dan alasan mahasiswa memilih metodologi penelitian skripsi yang digunakan. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif deskriptif atau analisis dokumen. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik dokumentasi. Populasi penelitian adalah seluruh skripsi Mahasiswa Lulusan 2015-2019 S1 PGMI sedangkan sampel penelitian yang diambil masing-masing 10 skripsi perlulusan. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data Analisis isi (Content Analysis), Analisis Deskriptif, dan Interpretasi. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah menjelaskan tentang pemetaan dan konsep metodologi penelitian yang terdiri dari pengertian metodologi, tujuan metodologi penelitian, sifat-sifat metodologi penelitian, kegunaan metodologi penelitian dan jneis-jenis metodologi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, salah satu yang mendukung dalam menyelesaikan skripsi mahasiswa yaitu dalam menggunakan metodologi penelitian dan pembahasan mengenai mengapa mahasiswa menggunakan metodologi di dalam penelitiannya. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa Penerapan metodologi penelitian dalam penulisan skripsi oleh mahasiswa S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada intinya bersumber dari kecakapan mahasiswa tersebut dalam memilih metode penelitian berdasarkan konsep gagasan yang ingin diaktualisasikan. Selanjutnya kajian terhadap 50 abstrak Skripsi mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FITK UIN Sunan Kalijaga 2015-2019 cenderung menggunakan pendekatan kualitatif. Penggunaan metode penelitian kualitatif mencapai 58%. Teknik pengumpulan data yang sering digunakan ialah Observasi, Dokumentasi dan Wawancara mencapai 48%, sedangkan untuk pengambilan sampel penelitian yang sering digunakan ialah Ahli media, Ahli materi, Guru, Siswa, Ahli Bahasa,dan Peer Reviewer mencapai 20% Salah satu keuntungan penggunaan metode kualitatif adalah cukup efektif dan efisien untuk menggambarkan suatu realita dilapangan atau kasus dilapangan. Metode penelitian kualitatif dapat menjangkau sampel maupun populasi dari kapasitas kecil sampai besar. date: 2019-05-28 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41215/1/17204080012_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41215/2/17204080012_BAB%20II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf identifier: NIDHIA FIRDHA KURNIASIH, NIM: 17204080012 (2019) ANALISIS PEMETAAN METODOLOGI PENELITIAN PADA SKRIPSI MAHASISWA LULUSAN 2015-2019 S1 PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) FITK UIN SUNAN KALIJAGA. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.